Pariaman, inioke.com–Mengantisipasi penularan COVID-19, para pedagang dan pengunjung pasar Pariaman diwajibkan pakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya. Selain itu, untuk memudahkan pemantauan pasar juga diberlakukan satu pintu.

Tim Gugus Tugas penanganan Covid 19 Kota Pariaman memeriksa suhu tubuh seluruh pedagang dan pembeli di Pasar Pariaman. Pemeriksaan itu dilakukan setiap pagi oleh tim yang terdiri dari unsur Satpol-PP, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPBD dan PMI Kota Pariaman.

“Aktivitas pasar di Pariaman dimulai sekitar pukul 04.00 WIB. Usai subuh tim mulai melakukan cek suhu badan,” ungkap koordinator tim Gugus Tugas, Elvis Candra, Jumat siang (8/5).

Selama pandemi corona ini, jam aktivitas pasar juga diatur. Hanya dibolehkan buka dari pukul 04.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

“Berkenaan dengan pedagang banyak yang berasal dari luar kota Pariaman, serta pembeli juga banyak yang membeli sembako untuk kebutuhan di rumah, maka pencegahan lebih diperketat,” jelas Elvis.

Semenjak diberlakukannya cek suhu badan tersebut, tuturnya, belum ditemukan warga yang terindikasi virus corona . Jika ditemukan yang suhu tubuhnya di atas normal, langsung dilakukan penanganan oleh pihak Dinkes.

Baca juga :  Hati-hati, Mata Merah Gejala Terinfeksi COVID-19

Tidak hanya itu, Elvis menekankan bahwa setiap orang yang memasuki pasar kota Pariaman harus menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker maka akan disuruh meninggalkan lokasi pasar.

“Saat ini pasar telah diberlakukan satu pintu. Jadi lebih mudah untuk pemantauan,” sebut Elvis. (yri)