Payakumbuh, inioke.com–Pelayanan Kantor Lurah Koto Tuo Limo Kampuang dialihkan ke Kantor Camat Payakumbuh Selatan, sejak Jumat (8/5) kemarin. Keputusan itu diambil karena anak dari salah seorang Aparat Sipil Negara (ASN) di Kantor Lurah tersebut positif COVID-19.

Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi, menyebutkan, pasien M (27), seorang sopir ambulans di Puskesmas Air Tabik, anak dari salah seorang ASN yang bertugas di Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang.

“Pasien M dikonfirmasi positif COVID-19 pada Jumat kemarin. Karena orang tua yang bersangkutan adalah ASN di Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang, maka semua pegawai dan ASN di kantor lurah itu kita isolasi selama 14 hari ke depan,” kata Junaidi, Sabtu (9/5).

Meski pelayanan di Kantor Lurah Koto Tuo Limo Kampuang ditutup, Junaidi memastikan, bahwa warga yang membutuhkan pelayanan bisa datang ke Kantor Camat Payakumbuh Selatan.

“Jadi selama 14 hari ini, semua pelayanan di kantor lurah itu kita pindahkan ke kantor camat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Junaidi menerangkan, keluarga inti M akan dilakukan tes swab untuk memastikan penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas di wilayahnya.

Baca juga :  Lantik Langsung PDB Kota Pariaman, Mendes PDTT "Ejek" Bupati dan Wali Kota Lain

“Kita tetap sosialisasikan kepada masyarakat bahwasanya penyakit ini bukan aib. Karena itu, kita selalu mendorong warga untuk jujur dan lebih peduli, apabila ada kendala langsung melapor saja,” tegasnya.

Upaya lain yang dilakukan pihaknya untuk terus memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah orang tua pasien yang sudah dikonfirmasi positif tersebut.

“Kita dibantu aparat keluruhan dan masyarakat sekitar, serta BPBD untuk menyemprot di dalam dan luar rumah, serta di sekitar rumah,” terangnya.

Penyemprotan disinfektan akan kembali dilakukan, Minggu (10/5), di Kenagarian Limbukan yang membawahi empat kelurahan di Payakumbuh Selatan, yaitu Lurah Koto Tuo Limo Kampuang, Balai Panjang, Limbukan, dan Padang Karambia. (boy)