Pasaman Barat, inioke.com–Pembangunan SMK Yayasan Ninik Mamak Aia Gadang di Jorong Durian Gunjo Nagari Aia Gadang segera dimulai. SMK yang diinginkan masyarakat Kecamatan Pasaman tersebut mulai dibangun ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Bupati Pasaman Barat, Yulianto, kemarin.

“Dalam memajukan pendidikan di Pasaman Barat termasuk pembangunan sekolah butuh persiapan yang matang dan sinergisitas bersama. Intinya pembangunan di Pasbar ini, bukan saja infrasutruktur sekolah, namun bagaimana pembangunan yang lain seperti jalan, jembatan serta infrastruktur lainnya juga perlu kita benahi,” ungkap Yulianto.

Untuk itu, lanjutnya, ia akan berusaha dalam APBD 2021 nanti akan dianggarkan untuk pembangunan SMK ini, serta bantuan pihak lainnya.

“Kita semua berharap pembangunan sekolah ini bisa segera berjalan dan dibangun dengan cepat. Selain akses lebih dekat bagi anak-anak untuk bersekolah di tingkat SMK, hal ini juga dapat menunjang pendidikan di Pasbar, karena generasi muda merupakan estafet ke depan untuk menjadi pemimpin daerah ini,” harapnya.

Disamping itu, Yulianto juga menekannkan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat untuk segera menyurati dan mengurus ke provinsi, karena sekolah tingkat SMK/SMA wewenang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga :  "Kalau Bang Haji Sudah Turun Tangan, Berarti Betul-Betul Darurat ini Negara..."

“Untuk itu, kita semua punya tanggung jawab moral dalam mensejahterakan masyarakat. Kita berharap agar dunia pendidikan Pasbar dapat lebih maju dan bisa bersaing dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Sumatera Barat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Osen, menjelaskan bahwa luas tanah untuk pembangunan sekolah tersebut 2 hektar dengan harga 200 juta pada tahun 2015.

“Atas kompensasi dari PT Anam Koto, SMK ini nantinya akan dibuka dengan 3 jurusan. Untuk itu dibutuhkan 9 kelas, target awal ini akan dibangun 3 kelas,” ujar Osen.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Pasbar Sifrowati Yulianto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Marwazi, perwakilan Kemenag Pasbar Sawal Suro, Camat Pasaman Ayub Pramudia, Babinkantibmas, Babinsa, wali nagari, jorong, ninik mamak, dan tokoh masyarakat setempat. (ioc/rilis)