Tanah Datar, inioke.com—Pemerintah Kabupaten Tanah Datat memperbolehkan 323 masjid di daerah tersebut unuk menggelar Salat Jumat. Keputusan ini diambil setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Datar yang tidak ada penambahan kasus positifnya.

”Izin pelaksanaan Salat Jumat ini juga merujuk pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 tahun 2020 dan maklumat MUI Tanah Datar Nomor 06,” tutur Kabag Kesra Tanah Datar Afrizon menyampaikan, Jumat (5/6/2020).

Masjid Nurul Amin Pagaruyung pun menjadi percontohan penerapan protokol kesehatan pada waktu pelaksanaan Salat Jumat, har ini (5/6/2020). Jamaah pun memakai masker, membawa sajadah, menjaga jarak, dan diperiksa suhu tubuh.

”Jamaah yang masuk masjid diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas yang ditunjuk,” kata Pengurus Masjid Nurul Amin Pagaruyung, Imran.

Ia menyebut sebelum pelaksanaan Salat Jumat, pengurus masjid melakukan penyemprotan desinfektan di dalam dan lingkungan masjid serta menandai tempat salat bagi jemaah yang berjarak sekitar 1 meter.

”Ini Salat Jumat perdana setelah tujuh kali tidak melaksanakannya sejak mulai merebak Covid-19,” tukasnya. (std)

Baca juga :  Reaksi Dunia Terhadap Pembunuhan Floyd: Kami Mengutuk Rasisme