Padang Panjang, inioke.com–Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, memaparkan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi Pemko Padang Panjang, secara virtual kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) RI, di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Selasa (1/9).

Pemaparan SAKIP dan RB itu dalam rangka evaluasi dan penilaian dari Kementerian yang di komandoi oleh, Tjahjo Kumolo, SH itu. Tampak hadir, Wakil Wali Kota Asrul, Sekdako Sonny Budaya Putra, dan sejumlah kepala OPD dan pejabat terkait lainnya.

Diawal paparannya, Fadly Amran menerangkan visi dan misi Kota Padang Panjang 2018-2023 “Untuk Kejayaan Padang Panjang Bermarwah dan Bermartabat”.
Kemudian misi diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah berbasis pembangunan berkelanjutan

Melalui reformasi birokrasi, visi menciptakan Kota Padang Panjang bermarwah dan bermartabat, kata Fadly tentu dengan menciptakan pengelolaan pemerintahan yang bersih dan profesional.

“Rasanya tidak akan bisa, tidak akan mungkin dilakukan tanpa komitmen dari kepala daerah dan Aparatur Sipil Negara,” ungkap Wako.

Baca juga :  Jembatan Pulai Kebanggaan Masyarakat Dharmasraya Segera Diresmikan

Salah satu hal yang pertama dilakukan di pemerintahannya, kata Fadly, menggandeng UI dalam Program asesmen, dilakukan untuk mengevaluasi kinerja ASN di Kota Padang Panjang.

“Kami percaya tangga regenerasi dan juga keberlangsungan dari ASN merupakan hal prioritas. Kami mengapresiasi pencapaian ASN dengan promosi-promosi itu sendiri,” katanya

Komitmen antikorupsi turut disampaikan Fadly. Pemerintahannya tegas terhadap praktek-praktek korupsi.

“Kami memberikan sanksi yang tegas kepada temuan yang kami dapatkan. Kami berharap pembangunan di Indonesia merupakan pembangunan yang berkah, cepat dan maju, tentu salah satunya dengan tidak berprilaku korup,” kata Wako.

Fadly juga menyampaikan, pencapaian Indeks Kinerja Utama Pemko Padang Panjang dan pencapaian ukuran keberhasilan Road Map Reformasi Birokrasi sampai tahun 2019.

“Saya sangat berkomitmen dalam evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP ini dan saya telah meinstruksikan kepada seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk serius dan fokus menindaklanjutinya,” lanjut Wako.

Sejumlah kepala OPD kemudian menjelaskan capaian SAKIP dan RB, secara bergantian. Tim Evaluator dari Kemenpan RB melakukan penilaian dan tanya jawab dengan kepala OPD. (ioc/rilis)

Baca juga :  Hardiknas di Tengah Pandemi, Mari Belajar dari COVID-19