Padang, inioke.com–Membangkitkan kembali perekonomian di sektor pariwisata, Pemprov Sumbar akan mempromosikan wisata bebas covid-19. Karena pariwisata merupakan potensi multi efek dalam membangkitkan ekonomi masyarakat dan pengembangan ekonomi daerah.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, konferensi video dengan kepala dinas periwisata kabupaten/kota, kemarin

Menurut Irwan, saat ini bagi orang-orang ekonomi menengah ke atas berwisata merupakan sebuah kebutuhan hidup, termasuk juga masyarakat yang selama ini telah merasa jenuh di rumah saja.

“Kita membuka diri orang datang ke Sumbar dengan melakukan swab gratis bagi pengunjung lewat penerbangan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan melakukan rapid test di 9 pintu masuk Sumbar lewat jalur darat,” kata Irwan.

Irwan mengatakan dalam menyiapkan wisata Sumbar bebas covid-19, Pemprov Sumbar juga akan melakukan swab gratis bagi setiap pengelola travel, pelaku wisata dan hotel-hotel lainnya.

“Kita tahu saat ini destinasi belum dibuka, namun Sumbar membuka sektor wisata dan akan menyiapkan promosi paket wisata bebas covid-19, dilihat dari kesiapan hotel, destinasi dan daerah yang mampu menyiapkan diri. Kita ingin tahu daerah mana yang telah menyiapkan diri dalam menerima kunjungan kegiatan pariwisata Sumbar,” ujarnya.

Baca juga :  Hidayat : Berikan Sajalah Sebagian Uang APBD untuk Rakyat dalam Bentuk BLT

Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid (TNBPAC) mendukung pelaksanaan kepawisataan. Ia meminta Bupati dan Walikota membuat perbup dan perwako yang dapat mengacu pada Pergub Sumbar dan aturan kementerian yang ada.

“Tentunya dalam pelaksanaan pariwisata ada juga hendaknya memperhatikan kaedah-kaedah norma budaya masing-masing daerah dalam kegiatan promosi Wisata Sumbar Bebas Covid (WSBC). Pelaksanaan wisata Sumbar bebas covid lebih menekankan pada prosedur tetap wisatawan yang datang itu sehat dan pengelola wisata sehat serta negatif covid,” imbaunya.

Dari laporan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota, beberapa destinasi wisata telah dibuka dengan menjalankan protokol kesehatan. (ioc/rilis)