Padang, inioke.com–Pengambilan sampel swab pedagang Pasar Raya Padang akan dipindahkan ke Mal Pelayanan Publik, mulai besok (20/5). Pemindahan ini ditengarai belum maksimalnya pengambilan swab dalam sepekan ini di beberapa Puskesmas.

“Rencananya Rabu pengambilan sampel swab yang awalnya di puskesmas dan Semen Padang Hospital akan dipindahkan ke Mal Pelayanan Publik,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre Algamar.

Untuk kebutuhan pengambilan sampel swab ini, ia menyediakan empat bilik dengan kapasitas 300 sampai 400 orang per hari, agar target 1.000 sampel itu terkumpul.

“Kita harapkan pedagang bisa melakukan pengambilan sampel swab ini karena ini merupakan permintaan pedagang,” katanya.

Menurutnya, swab ini penting, karena klaster Pasar Raya Padang sangat banyak masyarakat yang terpapar sejak pertama kali terdeteksi. Ia mengatakan, hingga saat ini, baru sebanyaj 153 pedagang yang sudah melakukan pengambilan sampel untuk tes swab. Dari target 1.000 pedagang yang akan dites swab, baru sekitar 15 persen yang melakukan pengambilan sampel.

“Dengan semakin banyaknya melakukan tes swab ini, yang positif nantinya bisa dilakukan isolasi, untuk yang negatif bisa terus berjualan,” lanjutnya. (gyn)

Baca juga :  Chicago Alami Hari Paling Mematikan dalam 30 tahun Terakhir