Padang, inioke.com–Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat terdampak Covid-19 dari Pemprov Sumbar bulan ketiga segera disalurkan. Penyaluran ini terakhir dari 3 bulan yang direncanakan, yaitu, April, Mei dan Juni. Sementara itu, BLT lanjutan, Juli sampai Desember 2020,  Pemprov Sumbar masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Sampai sekarang belum ada dibicarakan soal BLT lanjutan setelah Juni ini. Kami pun belum membahas, apalagi memutuskan,” ungkap Irwan, Selasa (9/6).

Pemprov Sumbar telah menyalurkan BLT terdampak Covid-19 dari APBD melalui PT Pos Indonesia pada bulan Mei lalu secara rapel yaitu 2 bulan sekaligus Rp1.200.000 perkepala keluarga. Kemudian, dilanjutkan untuk bulan ketiga Rp600.000 perkepala keluarga sekarang.

Saat ini, lanjut Irwan, terkait penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC), fokus pada langkah-langkah dalam menstimulus perekonomian Sumbar. Ia mencontohkan dukungan terhadap UMKM, yang kebanyakan berhubungan dengan pariwisata, akan mencoba memfasilitasi tes swab gratis bagi seluruh stakeholder kepariwisataan.

Tidak hanya itu, Pemprov Sumbar juga sedang menyiapkan regulasi tentang relaksasi pajak yang menjadi kewenangan pemprov.

Baca juga :  Pengendalian Sosial dan Konsistensi Kunci Keberhasilan PSBB

Dari itu, ia berpesan agar semua pihak saling mendukung dan bersinergi memerangi penyebaran Covid-19. Tidak menghabiskan energi untuk hal-hal yang kontraproduktif. (mdj)