Limapuluh Kota, inioke.com–Panitia ad hoc penyelenggara pemilihan 2020 di Kecamatan Situjuah Limo Nagari mengikuti tes swab yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Limapuluh Kota. Jajaran penyelenggara yang menjalani tes swab adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (Panwas Kelurahan/Desa).

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Rahmad Hidayat mengatakan, tes swab juga dilakukan terhadap perangkat nagari, linmas, wali nagari, ketua lembaga, Pendamping Sosial PKH, kader yandu, dan pendamping desa.

Dikatakannya, tes swab tersebut merupakan program dari dinas kesehatan, dan untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari jadwalnya bergabung dengan Kecamatan Akabiluru beberapa hari yang lalu.

Namun, kata dia, karena tidak sampai kuota 90 orang, maka tim gugus kecamatan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kita untuk melakukan swab di kecamatan tersebut.

“Setelah adanya kesediaan Dinkes mendatangkan tim medis berserta perlengkapannya, maka kita undang pihak-pihak yang akan di tes swab,” katanya.

Baca juga :  Hotel Grand Zuri Padang Akan Menjadi Tempat Isolasi Mandiri Tenaga Medis

Rahmad menyebut, alasan dipilihnya sejumlah kalangan tersebut untuk melakukan tes swab dikarenakan intensitasnya bersentuhan dengan masyarakat yang cukup tinggi. Apalagi bagi penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu yang dalam beberapa waktu ke depan akan disibukkan oleh sejumlah agenda yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ia menambahkan, kegiatan tes swab tersebut untuk memastikan wilayahnya bebas dari COVID-19 atau menuju zona hijau.

“Untuk memastikan perlu dilakukan tes swab dan tidak bisa dengan perkiraan saja,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Lima Puluh Kota, Amfreizer mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat yang diambil Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang telah berinisiatif memfasilitasi tes swab bagi penyelenggara pemilu.

“Selain itu juga ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang telah memfasilitasi tes swab ini,” kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan itu.

Kegiatan tersebut, katanya sebagai upaya untuk memastikan penyelenggara pemilu bebas dari COVID-19, sehingga mereka bisa lebih nyaman ketika menjalankan tugasnya di lapangan.

Baca juga :  Satgas Penanganan COVID-19 Pasbar Tes Swab 32 Pegawai dan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan

“Pihak KPU juga menganjurkan adanya tes swab tersebut. Sebelum diminta, kawan-kawan sudah terlebih dahulu melakukannya. Ini tentunya berkat adanya kerja sama yang baik antara PPK dan PPS dengan camat serta instansi terkait di wilayahnya masing-masing,” terangnya. (ioc)