Padang, inioke.com–Ada sembilan orang hasil tracking Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat yang akan dites swab hari ini (16/4). Sembilan orang tersebut pernah kontak dengan seorang pasien positif COVID-19 di Kecamatan Talamau.

“Pasca diumumkan satu orang warga Pasbar ada terkonfirmasi positif COVID-19, sembilan orang hasil tracking ditemukan di Kecamatan Talamau,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar, dr Gina Alecia.

Dari sembilan orang tersebut, jelas dr Gina, tujuh orang pernah kontak dengan keluarga pasien positif tersebut. Sedangkan dua orang lagi pernah kontak langsung dengan pasien itu.

“Sembilan orang ini, direncanakan akan dites swab pada hari ini,” ujar dr Gina.

Saat ini, kata dr Gina, tim gugus tugas bersama tim kecamatan dan nagari, terus mendata warga di Kecamatan Talamau yang pernah kontak dengan pasien dan keluarga pasien.

“Ini salah satu langkah kita untuk memutus penyebaran virus corona. Pendataan atau tracking akan terus dilakukan sambil melihat riwayat sosial pasien dan keluarga pasien,” jelasnya.

Baca juga :  Demonstrasi Anti Pemerintahan masih Bergulir di Thailand

Ia mengharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak cemas. Masyarakat harus tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan yang diminta pemerintah, memakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak dan tidak melakukan kegiatan keramaian.

Begitu juga, warga yang baru datang dari daerah terjangkit, hendaknya melapor dan melakukan cek kesehatan. Kemudian melakukan isolasi atau karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

“Jika demam segera melapor ke tenaga kesehatan, jangan menahan diri karena ini untuk kebaikan bersama,” tegasnya.

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasbar, hingga Rabu (15/4/) siang, tercatat 169 ODP (106 sehat), 5 orang PDP (hasil swab negatif), 7 orang OTG (1 negatif) dan 9.274 lebih pelaku perjalanan (notifikasi) serta 1 orang positif  dan 14 orang negatif. (GYN)