Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya memastikan apotek dan toko-toko bahan pokok tetap buka selama masa pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19.

“Pastikan bahwa apotek dan toko-toko penyuplai kebutuhan pokok bisa tetap buka untuk melayani kebutuhan warga dengan tetap menerapkan protokol jaga jarak yang ketat,” ujar Presiden dalam Rapat Terbatas “Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19”, yang diselenggarakan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

Dalam pengantarnya Presiden mencermati mengenai pentingnya ketersediaan obat di apotek serta alat kesehatan bagi masyarakat, termasuk perlindungan maksimal bagi para tenaga medis.

Selain meminta apotek tetap buka,JokoWidodo(Jokowi) juga meminta percepatan pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk disalurkan ke rumah sakit di seluruh wilayah.

Jokowi juga meminta sistem pelayanan informasi di RS rujukan, termasuk ketersediaan ruangan perawatan di RS darurat, seperti di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, betul-betul dibangun dengan baik.

Dia meminta terdapat sistem pendaftaran di RS rujukan dan RS darurat terintegrasi secara daring sehingga semua masyarakat bisa lebih cepat terlayani.

Baca juga :  Seorang ayah di Kabupaten Solok perkosa anak tiri miliki keterbelakangan mental hingga hamil enam bulan