Padang, inioke.com–Menjelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII yang digelar di Provinsi Sumatera Barat, kafilah dari sejumlah provinsi mulai melakukan registrasi ulang.

Pantauan di Asrama Haji Tabing Padang, registrasi ulang peserta event berskala Nasional ini dimulai pada pukul 20.00 WIB malam kemarin (12/11).

Kafilah yang melakukan registrasi ulang dimulai dari tuan rumah Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Provinsi Riau. Sisanya sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia dilanjutkan Jumat (13/11).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Hendri menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kafilah di Bumi Minangkabau.

“Mewakili Pemerintah Provinsi, Kantor Wilayah Kementerian Agama dan seluruh masyarakat Sumatera Barat, mengucapkan selamat datang kepada semua kafilah, semoga selama berada di Sumatera Barat Bapak Ibu merasa senang, kemudian puas dan bahagia serta bisa mengikuti MTQ Nasional dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya didampingi Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar dan sejumlah pejabat Kanwil Kemenag Sumbar.

Menurut Hendri, kafilah yang akan hadir pada event Nasional dua tahunan ini berjumlah sebanyak 1.476 orang, dengan pendamping, official dan pelatih sebanyak 1.166 orang.

Baca juga :  Stabilitas Sistem Keuangan di Tengah Pandemi

“Jadi akan ada sekitar 2.642 orang yang akan berkumpul di Sumbar dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Pulau Rote,” ujar Hendri.

Menyangkut Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Hendri menyampaikan harapannya agar semua unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII ini dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Selalu pakai masker, selalu jaga jarak, cuci tangan, terutama selalulah berdoa kepada Allah SWT agar dilindungi dari wabah Covid-19,” harapnya.

Selain itu, tutur Hendri, MTQ Nasional adalah ajang strategis yang didambakan oleh seluruh provinsi untuk bisa menjadi terbaik dan mengharumkan nama provinsi masing-masing.

“Selamat berjuang, dengan penuh keikhlasan, dengan kejujuran, tentu saja dengan penuh semangat,” ucapnya.

Hendri berpesan kepada seluruh kafilah agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh masing-masing.

“Jaga kesehatan, jaga ibadah kepada Allah, jaga imun dengan baik serta jaga interaksi,” ini semua juga merupakan pesan dari Gubernur Sumbar,” tutupnya. (rls)