Tanah Datar, inioke.com–Pjs Bupati Tanah Datar, Erman Rahman, di hadapan Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, OPD dan Camat se Tanah Datar berharap seluruh stakeholder terkait untuk  bersama dan saling koordinasi dalam pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Berbagai faktor harus menjadi perhatian segenap stakeholder atau instansi terkait dalam menghadapi Pilkada yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi. Mulai dari keamanan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), kesiapan dan kecukupan logistik, proses pemungutan suara sampai proses penghitungan dan pengiriman hasil pemungutan suara agar aman sampai ke tujuan akhirnya,” kata Erman dalam Rakor Pilkada 2020  di aula Eksekutif kantor Bupati Tanah Datar, Kamis (3/12/2020).

Terkhusus untuk lokasi TPS, tambah Erman, Camat bersama jajaran terkait lainnya diharapkan meninjau segala aspek keamanan terutama potensi lokasi atau daerah rawan bencana.

“Di beberapa daerah Tanah Datar mempunyai potensi bencana cukup tinggi, sehingga diharapkan Camat dan instansi lainnya saat menentukan lokasi TPS sudah mengkaji sampai ke hal itu, sehingga kita berharap pesta demokrasi ini nantinya tidak terjadi hal yang kita inginkan,” ujarnya.

Erman juga berharap dan menghimbau seluruh elemen pelaksana Pilkada dan masyarakat yang akan memberikan hak suaranya, patuh dan taat pada protokol kesehatan (prokes) dalam penanggulangan Covid-19 di Tanah Datar.

Baca juga :  Temui Konstituen, HM Nurnas Ingatkan Jangan Salah Memilih Pemimpin

“Pilkada tahun 2020 ini sangat berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, karena dengan adanya pandemi Covid-19. Mari patuhi prokes dengan 3 M, sehingga kita berharap tidak ada kasus klaster baru karena pelaksanaan Pilkada ini ke depan. Ini menjadi tugas kita semua agar jangan sampai terjadi,” tukasnya.

Kesuksesan pilkada, kata Erman, butuh keterlibatan dan dukungan semua pemangku kepentingan.

“Mari kita persiapkan pelaksanaan pilkada sebaik mungkin sehingga berjalan aman. Kita perkuat sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi ini. Pelaksanaan pilkada sukses, peningkatan kasus Covid-19 tidak siginfikan. Siapa pun yang terpilih nanti, itulah pilihan masyarakat Tanah Datar untuk kita dukung bersama,” pesannya.

Kemudian Ketua Bawaslu Tanah Datar, Hamdan, menyampaikan pihaknya selaku petugas pengawas sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada.

“Sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan Pilkada, Bawaslu Tanah Datar siap mendukung dan sukseskan.  Hal ini juga ditunjukkan dengan melakukan test rapid atau swab kepada petugas lapangan, sehingga nantinya kita berharap tidak ada petugas kita yang berpotensi ikut menyebar Covid-19. Masyarakat juga aman saat melaksanakan hak pilihnya,” ujar Hamdan.

Baca juga :  FJKIP Sumbar Matangkan Persiapan Workshop Keterbukaan Informasi Nagari

Sementara itu ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi mengatakan, kesiapannya dalam menghadapi Pilkada serentak di Tanah Datar sudah dipersiapkan sesuai mekanisme dan aturan berlaku.

“KPU juga telah melakukan rapid test dan swab kepada petugas lapangan yang tersebar di 879 TPS se Tanah Datar. Jika ditemukan ada yang positif kita segera tentukan langkah berikutnya untuk mengganti personil sehingga dipastikan nanti seluruh petugas bebas dari Covid-19,” ujarnya.

Untuk logistik, tambah Fahrul Rozi, nantinya akan segera didistribusikan langsung ke Nagari dari H-3 sampai H-1 pemungutan suara.

“Insya Allah, logistik Pilkada akan selesai distribusikan paling lambat H-1 pemungutan suara. Namun tentunya kita juga berharap kerjasama semua pihak terkait, termasuk keamanan logistik ini, sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Di kesempatan itu juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Wisyudha Utama menyampaikan TNI siap mendukung dan membantu kesuksesan Pilkada di Tanah Datar.

“Tahun 2020 ini ada dua agenda khusus yang harus kita sukseskan bersama, yaitu sukses memilih pemimpin Sumatera Barat dan Tanah Datar, serta sukses memutus penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan prokes saat proses Pilkada,” ujarnya.

Baca juga :  Sidang Sengketa Informasi, Majelis Komisioner KI Hadirkan Kabid IKP Kominfo Kota Padang

Dandim juga menekankan, dalam menyambut Pilkada jangan ada oknum masyarakat yang berbuat merusak ketahanan dan keamanan daerah Tanah Datar.

“Tanah Datar sebagai daerah tuo, asal muasal Miangkabau tentu menjadi perhatian lebih masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk gelaran Pilkada, maka kalau ada oknum tak bertanggungjawab merusak ketahanan dan keamanan, kami TNI bersama Polri akan menindak tegas mereka,” ujarnya.

Sejalan itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo menyampaikan hal yang sama dengan Dandim 0307 Tanah Datar.

“Polres Tanah Datar siap mengawasi 879 TPS se Tanah Datar, namun tentunya kondisi pandemi Covid-19 diharapkan dinas terkait bersama KPU berkomitmen agar penyebaran virus ini tidak terjadi dan penyebarannya dapat kita putuskan,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan, dinas dan pihak terkait juga memfasilitasi bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang memiliki hak pilih untuk bisa menggunakan hak.

“Tentunya KPU bersama Dinas Kesehatan atau instansi terkait lainnya, bisa melaksanakan jaminan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menggunakan hak pilihnya, baik yang isolasi mandiri ataupun yang dirawat di rumah sakit lain di luar Batusangkar,” pungkasnya. (rilis)