Padang, inioke.com–Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi serta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang menyambut kunjungan Duta Besar India HE Pradeep Kumar Rawat, di Ruang VIP Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin (5/10).

Dalam kesempatan itu Hendri mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya mengucapkan terimakasih kepada Dubes India yang telah bersedia mengunjungi Sumatera Barat dan Kota Padang.

“Semoga melalui pertemuan kali ini diharapkan akan dapat mempererat tali silaturahim dan hubungan kerjasama yang akan dan telah terjalin baik selama ini,” jelasnya.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut, Hendri menyebut bahwa ada beberapa peluang kerjasama yang ditawarkan Pemerintah India kepada Kota Padang, diantaranya, Government Employee (pegawai pemerintah) atau kerjasama antar pegawai pemerintah.

Hendri melanjutkan, Pemerintah Kota Padang dapat mengirim Aparatur Sipil Negar (ASN) untuk mengikuti training ke India selama lebih kurang dua atau tiga bulan. Nanti selama disana mereka dapat mempelajari mengenai budaya (culture), tata kelolah pemerintahan dan hal-hal yang dirasa perlu lainnya untuk nantinya diterapkan di Kota Padang. Semua itu gratis karena sudah ditanggung Pemerintah India.

Baca juga :  Pemerintah Myanmar Menolak Tuntutan Pengunduran Pemilu

“Secara geografis Indonesia dan India tidak jauh beda, sama-sama daerah tropis hanya saja India lebih banyak daerah daratan ketimbang Indonesia yang banyak daerah pegunungan dan laut. Jadi cukup banyak sebetulnya yang bisa kita kerjasamakan diantaranya adalah mengenai peningkatan sumber daya manusia pegawai pemerintah,” ujarnya.

Mendengar kabar baik tersebut, Plt Wako Hendri mengatakan akan menyiapkan ASN Kota Padang untuk melaksanakan dan menerima tawaran tersebut. Sebagai bentuk keseriusan, Hendri dalam waktu dekat ini juga akan melakukan kunjungan balasan ke Konsulat Jendral India di Kota Medan.

“Insya Allah secepatnya kita akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Medan untuk memperkuat kerjasama ini,” kata Plt Wako Hendri.

Diantara isu lainnya yang hangat dibacarakan dalam pertemuan yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut ialah penanganan Covid-19 kedua negara. Kemudian juga membahas tradisi serak gulo yang rutin dilaksanakan muslim India di Kota Padang.

“Mengenai tradisi serak gulo kita juga mendapat masukan dari Pak Dubes. Insha Allah masukan-masukan tersebut akan kita gunakan untuk penyempurnaan penyelenggaraan tradisi serak gulo di masa mendatang,” ucap Hendri mengakhiri.

Baca juga :  Nasrul Abit-Indra Catri Datangi KPU Sumbar Sabtu Sore

Dalam pertemuan tersebut, hadir Konsulat Jendral India-Medan HE Raghu Garuraj dan Staf Lokal Kedubes India Juliana. Kemudian dari Pemko Padang, hadir Kepala Dinas Pariwasata dan Kebudayaan Arfian, Kepala Dinas Pendidikan Habibul Fuadi, Kabag Kerjasama Erwin, Kabag Umum Budi Kurniawan dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis. (ioc/rilis)