Padang, inioke.com–Operasi Ketupat 2020 dimulai hari ini (24/4) hingga 31 Mei mendatang oleh Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) dan jajaran.

“Namun dalam tahun ini, operasi yang dilakukan selama sebulan lebih seminggu tersebut dinamakan Operasi Ketupat COVID-19,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, Jumat (24/4).

Dijelaskan Satake Bayu Setianto, dalam pelaksanaannya, operasi ini membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Operasi tersebut juga melibatkan instansi terkait lainnya.

“Personel yang di kerahkan sebagian akan membantu petugas di Pos Check Point dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan juga ada mendirikan posko pelayanan seperti sebelum-sebelumnya,” ujarnya.

Satake melanjutkan, dalam situasi normal, operasi ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik. Khusus tahun ini, tujuannya adalah mencegah masyarakat yang masih berupaya mudik, paska keputusan Presiden Joko Widodo yang mengeluarkan larangan mudik 2020.

“Agar mata rantai penyebaran COVID-19 terputus, kita imbau kepada masyarakat Sumbar yang tengah berada di rantau untuk menunda pulang kampungnya. Tunda dulu pulangnya, untuk bersilaturahmi bisa melalui telpon atau video call,” imbaunya. (ino)

Baca juga :  Lindungi Para Santri, BLK Bagikan Ribuan Masker ke Pesantren