Solok, inioke.com–Hasil pool test di zona hijau Kota Solok menemukan 1 orang positif COVID-19. Kepastian positif ini setelah hasil tes swab terhadap 50 warga Kota Solok dikeluarkan Laboratorium Biomedik FK Unand.

Pasien positif pertama COVID-19 Kota Solok tersebut, pria berusia 25 tahun, warga Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan. Ia bekerja sebagai distributor keliling.

“Kota Solok tidak lagi dalam zona hijau, ini peringatan bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan ikuti anjuran pencegahan yang diberikan,” ungkap ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Solok, Zul Elfian dalam keterangan resminya, Selasa (19/5).

Dijelaskannya, ditemukannya kasus pertama COVID-19 di Kota Solok berawal dari pool test yang dilakukan oleh pemerintah Sumatra Barat. Di Kota Solok diambil sampel secara acak sebanyak 50 orang yang dilakulan 14 Mei 2020.

Dalam masa pelaksanaan tersebut, yang bersangkutan datang konsultasi ke posko PSC kota Solok lantaran khawatir terkena COVID-19, sebab pekerjaannya sebagai kampaser atau distributor keliling di sejumlah wilayah di Sumatera Barat.

Baca juga :  Andre Rosiade dan Guspardi Gaus Dukung Usulan Irwan Prayitno Soal PSBB di Sumbar

Petugas menyarankan yang bersangkutan untuk menjalani tes dan disetuji dengan memberikan sampel swabnya untuk diuji melalui Laboratorium Kedokteran Unand.

“Dari seluruh sampel acak yang kita kirim saat itu, satu diantaranya diketahui positif COVID-19, dan hasilnya baru kita terima tadi malam,” terangnya.

Saat hasil tes positif sudah diterima, ternyata yang bersangkutan tengah berada di Dharmasraya. Dari komunikasi petugas, akhirnya yang bersangkutan bersedia pulang untuk dilakukan isolasi.

“Isolasi kita lakukan di Posko Covid-19 Banda Pandung. Selain yang bersangkutan, isolasi juga dilakukan pada kontak erat mulai dari istri, kakak dan ipar serta keluarga lainnya,” tutupnya.

Sampai saat ini, pemerintah kota Solok melalui Dinas Kesehatan dan tim gugus tugas tengah masih melakukan traking dan tracing terhadap seluruh pihak yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. (yri)