Padang, inioke.com–Polemik penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar selama ini menjadi ganjalan cabang olahraga (Cabor), akhirnya mencair dengan kesepakatan.

Pertemuan ke-3 antara Pemprov, KONI, dan Cabor membahas masalah Porprov berlangsung sejuk, setelah 2 kali pertemuan sebelumnya penuh ketegangan, karena tidak menemukan solusi, Kamis (28/8).

Pertemuan yang menemukan solusi pelaksanaan Porprov dipimpin langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, didampingi Asisten II Nasir Ahmad dan Kadispora Bustavidia, tidak berlangsung lama, namun berakhir dengan keceriaan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan, Porprov tetap dilaksanakan akhir 2021, dengan konsekuensi pandemi tidak menjadi-jadi, dan anggaran bisa dimasukkan pada perubahan 2021 mendatang.

Ketegasan tersebut dinyatakan Irwan Prayitno, setelah kota Padang Panjang menyanggupi untuk menjadi tuan rumah Porprov 2021 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut juga dinyatakan, jika secara keseluruhan Padang Panjang tidak bisa melaksanakan pertandingan untuk semua cabor, maka akan diminta kabupaten dan kota lainnya membantu, dengan konsekwensi anggaran dibantu pemprov.

“Kita tetap melaksanakan Porprov akhir tahun 2021, dengan ketentuan pandemi covid-19 menurun, dan kita akan ajukan anggarannya pada perubahan 2021, karena pada APBD induk hal tersebut sudah tidak memungkinkan lagi,” tegas Irwan Prayitno.

Baca juga :  Bawaslu Sumbar Serahkan 17 Temuan kepada KASN terkait Netralitas ASN dalam Tahapan Pilkada 2020

Dengan ditemukannya solusi penyelenggaraan Porprov, dua motor pertemuan Rahmat Watira (IPSI) dan Togi (Tinju) merasa senang, bahkan memberikan pujian pada Gubernur Sumbar.

“Kami memberi apresiasi yang amat besar pada pak gubernur, karena sudah memberikan solusi serta mencabut SK pengunduran penyelenggaraan Porprov, dan menegaskan pelaksanaan tetap tahun 2021,” ulas Rahmat Watira yang kerap dipanggil Adek.

Pernyataan tersebut juga ditambahkan Togi, dimana ia dan semua pengurus cabor merasa mendapat support untuk terus membina atlet, karena gubernur telah memberi kepastian untuk sebuah ajang uji kemampuan atlet yakni Porprov.

Di luar pertemuan dua motivator mengucapkan rasa terimakasih pada ketua Pengprov WI Sumbar, Yanisman, karena telah pro-aktif mengutus pengurusnya untuk semua pertemua.

“Terimakasih pak Yan, karena sudah respon dan selalu pro-aktif mengutus pengurus yang membantu kita dalam melakukan pertemuan, karena Wushu juga salah satu cabor yang tegas agar porprov tetap 2021,” ucap Togi pada ketua WI Sumbar melalui selular.

Ketegasan hanya pandemi corona atau covid-19 yang bisa menunda Porprov, juga ditegaskan kembali Irwan Prayitno ketika akan menutup acara pertemuan tersebut.

Baca juga :  Wali Kota Padang Panjang Apresiasi Manasik Haji Sepanjang Tahun

“Masa jabatan saya berakhir pada bulan Februari, berarti saya bisa untuk tetap melakukan penganggaran sampai Porprov mendatang, hanya pandemi yang akan bisa menunda,” tutupnya.(ioc/rel)