Padang, inioke.com–Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Sumatera Barat setelah dua kali masa perpanjangan berakhir hari ini. Enam belas kabupaten/kota di Sumbar akan memasuki tahapan hidup new normal atau tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 (TNBPAC), mulai besok (8/6).

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, didampingi Wakil Gubernur, Nasrul Abit, saat memimpin rapat koordinasi dengan Bupati dan Wali Kota melalui video konferensi di Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (7/6).

Menurut Irwan, Sumbar telah memenuhi syarat yang ditetapkan WHO untuk memasuki era new normal. Syarat untuk bisa memasuki new normal dari WHO ada tiga, yaitu, ditinjau dari aspek epidemiologi, sistem kesehatan dan kesiapan masyarakat.

Sementara itu, Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai belum menerapkan new normal atau TNBPAC. Kota Padang akan memasuki masa transisi hingga 12 Juni mendatang. Sedangkan Kepulauan Mentawai menjalani masa transisi hingga 29 Juni nanti.

Wali Kota Padang, Mahyeldi, mengungkapkan, dimasa transisi dan menuju pelaksanaan TNBPAC tersebut, Pemerintah Kota Padang akan mensosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwako) yang saat ini tengah dirancang.

Baca juga :  Klaster Pasar Raya Padang : 1617 Orang Telah Dites Swab, Pengawasan Diperketat

“Setidaknya ada 7 sektor yang tengah dipersiapkan dalam draf Perwako untuk diterapkan di masa new normal. Diantaranya adalah sektor pemerintahan, perdagangan, pendidikan, pariwisata, transportasi, sosial budaya dan agama,” terang Mahyeldi.

Perwako ini juga akan diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda). Sehingga akan ada penegakan dan sanksi tegas nantinya. (mdj)