Padang, inioke.com–Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar diperpanjang lagi hingga 7 Juni mendatang, kecuali Kota Bukittinggi.

“PSBB Sumatera Barat diperpanjang hingga 7 Juni, kecuali Bukittinggi. Jadi ada 18 (kabupaten/kota) yang meneruskan. Bukittinggi tidak meneruskan, dia langsung dengan tatanan baru produktif dan aman covid yang disebut dengan new normal,” ungkap Gubernur Sumbar dalam konferensi pers usai rapat penentuan perpanjangan PSBB bersama Forkopimda, Bupati/Wali Kota, dan akademisi, Kamis (28/5).

Irwan menyampaikan ada 4 penekanan dalam PSBB lanjutan ini.  Pertama, melakukan persiapan dan pelaksanaan menuju new normal dengan melakukan pengurangan pembatasan-pembatasan di PSBB. Kedua mendisiplinkan masyarakat untuk mengukuti protokol kesehatan. Ketiga melakukan persiapan maksimal untuk sistem kesehatan, rumah sakit, laboratorium, sehingga bisa melakukan testing, tracking, dan treatmen perawatan maksimal. Keempat pemerintah provinsi mendukung kabupaten/kota yang ingin menjalankan kehidupan new normal sesuai aturan Kemenkes dan Kemendagri. (gyn)

Baca juga :  Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sumbar Menjadi 9 orang