Tanah Datar, inioke.com–Satuan Gugus Tugas Percapatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanah Datar kembali mencatat seorang warga terkonformasi positif COVID-19.
Juru Bicara Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah mengumumkan penambahan satu orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di posko gugus tugas Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo , Selasa sore (14/4).

“Kami diberikan informasi beberapa saat lalu bahwa ada salah satu warga Tanah Datar yang terkonfirmasi COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan hari Minggu kemaren,” ucap Roza didampingi Kadis Kominfo Abrar dan Kabid IKP Kominfo Yendra Aprila.

Roza menambahkan  penderita merupakan ODP yang punya riwayat pulang dari daerah terkonfirmasi COVID-19, yaitu Ambon, Maluku.

“Penderita merupakan ODP dalam kondisi ringan, kita masih melakukan isolasi ketat di rumah, pemantauan ketat oleh Puskesmas Limo Kaum setiap saat dan jika kondisinya memburuk akan dirujuk ke RSUD MA Hanafiah,” terangnya.

Lebih lanjut Roza menegaskan pihak kesehatan tepatnya petugas Puskesmas Lima Kaum sedang melakukan tracking kontak erat dengan penderita.

Roza menghimbau masyarakat Tanah Datar tidak panik, tetap meningkatkan kewaspadaan dengan isolasi mandiri di rumah, memakai masker keluar rumah, cuci tangan dengan sabun cair dan air mengalir, tingkatkan asupan gizi makanan, hindari keramaian dan kontak fisik dengan banyak orang.

Baca juga :  1772 Pedagang Telah Tes Swab, Pemko Padang Targetkan 2000 Pedagang

Dari penambahan ini, kasus terkonfirmasi positif menjadi 2 orang, 1 orang sudah dinyatakan sembuh. Disebutkan kasus COVID-19 di Tanah Datar sampai 14 April 2020 pukul 17.00 WIB, ODP 63 orang, PDP 1 orang, dan meninggal tidak ada (ion)