Padang, inioke.com–Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bambang Surya Putra tinjau Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand. Peninjauan ini dilakukan Gugus Tugas Nasional untuk pengecekan kapasitas laboratorium yang ada di salah satu laboratorium pemeriksaan sampel COVID-19 yang ada di Indonesia.

Bambang Surya Putra mengatakan pengecekan tersebut untuk melihat ketersediaan kapasitas yang cukup untuk melakukan uji sampel dari COVID-19 bagi seluruh warga yang terdampak. Ia menjelaskan bahwa Unand melakukan uji swab yang berbeda dengan yang lain.

“Laboratorium Unand berbeda karena menggunakan pool test dan ini berbeda dari tempat yang lain. Sehingga di sini bisa melakukan uji secara masif dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi,” kata Kepala Pusdalops BNPB yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Dalops Gugus Tugas Nasional.

Ia menambahkan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pengujian atau tes swab yang dilakukan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand tersebut. Menurutnya, seluruh kebutuhan PVR, regent, dan segala macam lainnya untuk melakukan uji sampel dibiayai oleh BNPB.

Baca juga :  Pusat Studi Bencana Unand dan BCA Padang Bagikan Masker

“Selain ke Laboratorium Unand ini, kami juga melakukan kunjungan ke kabupaten kota lain yang ada di Sumbar . Kami ingin melihat penanganan daerah dalam melakukan penanganan COVID-19 dan apakah sudah berjalan sesuai dengan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, untuk di Sumbar sendiri Pemprov Sumbar telah menunjuk beberapa rumah sakit rujukan pasien corona seperti RSUP M.Jamil Padang , RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi, RS Unand Padang , RS M.Natsir, RS Semen Padang , RS Reksodiwiryo. Kemudian RSUD Pariaman dan RSUD Rasidin Padang

Kemudian, juga telah disiapkan sebanyak 9 lokasi karantina untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) yaitu Asrama Diklat PPSDM Kemendagri Ragional Bukittinggi di Baso, UPT Asrama Haji Padang Pariaman, UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan, Asrama BLK Padang Panjang, dan Asrama BLK Payakumbuh. Sedangkan untuk lokasi karantina ODP positif ringan COVID-19 disiapkan di Asrama Diklat BPSDM Sumbar , UPTD Balatkop Dinas Koperasi UKM Sumbar , Asrama Diklat Bapelkes Dinas Kesehatan, Gedung ITC UPTD BPTSD Sumbar Payakumbuh. (ioc)

Baca juga :  Universitas Tamansiswa Padang Inisiator Webinar Nasional tentang Ki Hajar Dewantara