Padang, inioke.com–Anggota DPRD Sumbar, Desrio Putra, melakukan reses masa sidang ke II tahun 2020 di Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Kegiatan bertemu konstituen ini dilaksanakan di Gedung Sebaguna Serumpun, Perumnas Belimbing, Kuranji.

Kegiatan reses ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas PSDA Sumbar, Dinas PU dan Tarkim Sumbar,  Ketua LPM Kuranji, Anggota DPRD kota padang dari Fraksi Gerindra Muzni Zein, Sekretaris Camat Kuranji Harnoldi, Ketua RT/RW se Kecamatan Kuranji, Ketua PKK Kecamatan Kuranji, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, Sekcam Kuranji, Harnoldi, memberikan gambaran bagaimana kondisi pemukiman dan lingkungan yang ada di Kecamatan Kuranji. Dalam kegiatan reses ini yang bertujuan menjemput aspirasi masyarakat, Harnoldi berharap ada perbaikan drainase. Sebab drainase yang ada sekarang tidak mampu lagi menampung air ketika terjadi hujan lebat. Dan tentunya ini akan menyebabkan banjir di pemukiman warga.

Selain itu, Harnoldi juga menyoroti agar dimasukkannya program perbaikan jalan lingkungan di Kecamatan Kuranji. Sebab kebutuhan jalan ini sangat mendesak karena pertambahan warga dan jumlah kendaraan bermotor.

Baca juga :  Jalan Silat Sang Pendekar

“Dengan program-program yang anggota DPRD Sumbar, khususnya kepada Pak Desrio, masyarakat Kuranji tentu berharap adanya perbaikan infrstruktur yang ada. Kalau hanya berharap pada APBD Kota Padang, tidak mencukupi untuk membangun infrastruktur,” katanya.

Sementara itu, Desrio Putra mengatakan, reses ini merupakan usaha menjemput aspirasi serta masukan dari masyarakat. Ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan anggota dewan untuk mengetahui permasalahan yang ada di tengah tengah masyarakat untuk dicarikan solusinya.

“Masukan yang diberikan masyarakat dalam kegiatan reses ini akan diakomodir dan diperjuangkan melalui program-program dinas yang bermitra dengan Komisi IV,” ungkap Desrio yang juga anggota Komisi IV itu dihadapan lebih kurang 150  orang masyarakat Kuranji.

Desrio juga menyampaikan, anggaran dalam APDB pada saat ini banyak terserap untuk penanganan pandemi Covid-19. Sehingga menyebabkan anggaran untuk pembangunan menjadi berkurang.

Desrio berharap dalam kegiatan reses masyarakat bisa memberikan masukan kepada dirinya, agar mengetahui program apa yang harus ia perjuangankan bersama mitra kerjanya di DPRD, khususnya di komisi IV.

Baca juga :  Tak Ada Lagi Pesawat ke Padang

“Program tersebut tentu program yang berada di luar dari hasil musrembang yang telah dilakukan oleh masyarakat Kuranji. Karena program  musrembang telah tercatat sebagai program prioritas pemerintah,” tukasnya.

Salah seorang warga kuranji, Maskur, menyampaikan aspirasinya terkait pembangunan jembatan dan jalan lingkar kelok Kuranji. Agar pembangunan jalan tersebut kembali dilaksanakan. Karena ia melihat sejak terjadinya pandemi Covid-19, rencana pembangunan jalan tersebut terkendala.

“Kamu berharap jalan dan jembatan itu segera diselesaikan,” kata Maskur

Meli dari asosiasi pedagang kecil keliling, menyampaikan aspirasinya, dalam 4 bulan ini ia dan rekan-rekan sesama pedagang kecil belum mendapat perhatian pemerintah.

“Dampak covid ini para pedang kecil keliling tidak dapat berdagang. Karena sekolah tutup dan beberapa instansi memberlakukan kerja di rumah,” ungkapnya.

Desrio merespon masukan tersebut dan menyampaikan sudah dimasukkan ke dalam usulan pembangunan, agar bisa diperjuangkan nantinya melalui DPRD Kota Padang.  Karena itu domainnya pemerintah Kota Padang.

“Masukan dari pedagang kecil keliling tadi, saya akan memperjuangkan agar adanya program sosial bagi pedagang yang terdampak covid ini. Karena permasalahan covid ini tidak hanya pedagang di Kuranji saja yang terkena dampak, namun hampir seluruh pedagang di Indonesia yang terkena dampak covid ini,” tandas peraih suara terbanyak di Kota Padang pada Pemilu 2019 ini. (heru)

Baca juga :  Bupati Hendrajoni pastikan Pasar Sungai Tunu Ranah Pesisir dibangun 2020