Payakumbuh, inioke.com–Rumah sakit rujukan COVID-19 dapat menampung 600 pasien positif berat. Ada 5 rumah sakit rujukan di Sumbar, yaitu, RSUD Pariaman, RSUD Rasidin Padang, RSUP M Djamil Padang, RSUD Ahmad Mochtar Bukittinggi, dan RS Universitas Andalas.

Sumbar, Irwan Prayitno menyebut, rumah sakit rujukan COVID-19 yang disiapkan bisa menampung sekitar 600 orang pasien positif berat.

“Untuk RS Rujukan COVID-19 itu kita bisa menampung sebanyak 600 pasien positif berat. Saat ini kita masih belasan. Kalaupun memuncak di bulan Juni, mudah-mudahan kita masih bisa mengendalikan. Tapi kita berharap hal itu tidak terjadi,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, setelah memantau kondisi perbatasan Sumbar-Riau, Jumat (3/4).

Selain RS Rujukan COVID-19, IP juga menerangkan, 15 RSUD di beberapa kabupaten kota di Sumbar juga siap menampung pasien positif ringan.

Dalam proses pencegahan COVID-19 ini, Pemprov Sumbar juga membagikan sejumlah perlengkapan ke masing-masing RSUD.

“Hari ini memberikan bantuan kepada kabupaten kota sebanyak 100 unit APD lengkap, tapi itu kita lakukan rutin terus,” tambah Irwan.

Baca juga :  Hak Interpelasi DPRD Sumbar Tertuju pada Seleksi Direksi Bank Nagari

Sementara itu, Pemprov Sumbar telah mengalokasikan anggaran penanganan COVID-19 hampir Rp300 miliar di tahap awal. Sedangkan untuk penanganan dampak sosial COVID-19, disiapkan anggaran Rp150 miliar.

“Kita akan pantau terus, kalau ada lanjutan akan disikapi,” tandas Irwan. (GYN)