Sawahlunto, inioke.com–Pemerintah Kota Sawahlunto mempersiapkan tahapan new normal atau tatanan normal baru aman dan bebas COVID-19, yang rencananya akan dimulai Senin (8/6). Berbagai persiapan, baik kebijakan maupun teknis di lapangan sedang dikerjakan Pemerintah Kota dengan koordinasi bersama pihak TNI-Polri dan instansi/pihak terkait lainnya.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, dengan dimulainya new normal nanti, aktivitas masyarakat sudah mulai diberikan akses namun dengan kewajiban mematuhi dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Untuk itu, Pemerintah saat ini sedang bergerak untuk memfasilitasi pemberlakuan protokol kesehatan new normal tersebut.

“Peran dan fungsi kita sebagai pemerintah dalam penerapan new normal, bagaimana menyampaikan sosialisasi dan memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” kata Deri Asta, dalam keterangan pers di Balaikota, kemarin (5/6).

Terkait tentang perkembangan terbaru COVID-19 di Sawahlunto , bahwa dari 2 orang warga Sawahlunto yang dahulu terkonfirmasi positif dari hasil tes swab massal pada pertengahan Mei lalu, saat ini 1 orang sudah dinyatakan negatif. Untuk 1 orang lagi, dirujuk ke Semen Padang Hospital, Kamis (4/6).

Baca juga :  Sumbar Masih Skala Ringan Covid-19, Sekolah Tidak Diliburkan

“Setelah pemeriksaan tes swab pada hari ke 7 dan 8 masa karantina, 1 orang warga yang berasal dari Desa Sikalang, itu sudah dinyatakan negatif. Sehingga sekarang beliau ini sudah diperbolehkan pulang,” ujarnya.

Sementara, selain 2 orang tadi, dari total 1.600 orang lainnya yang menjalani tes swab massal tidak ada lagi penambahannya. Pemprov Sumbar menganggap Kota Sawahlunto layak untuk ikut menerapkan tahapan tatanan normal baru aman dan bebas dari COVID-19. (mdj)