Padang, inioke.com--Memeriahkan pesta demokrasi pemilihan serentak 2020, scientia.id bekerjasama dengan KPU Sumbar menggelar festival akustik secara virtual. Festival musik Scientia Virtual Akustik (Siva) 2020 ini menyediakan hadiah total Rp21 juta untuk tiga kategori, pelajar, mahasiswa, dan umum.

Menurut ketua Panitia Yogi Resya Pratama, setiap peserta menyanyikan satu lagu wajib dan satu lagu bebas. Lagu wajibnya adalah Alek Demokrasi yang merupakan jinggle pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020. Lagu bebas, diserahkan pada peserta lagu apa yang disukai dan lagunya boleh ciptaan peserta sendiri.

“Ini kegiatan yang luar biasa bagi anak anak milenial yang suka bernyanyi. Cukup dengan bergitar dan merekam aksinya, mereka sudah dapat ikut festival virtual,” ujar Yogi.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 16 Juni-5 September 2020. Namun video peserta paling lambat diterima panitia tanggal 20 Agustus.

“Beginilah cara Scientia mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi di Sumatera Barat. Jadi tunggu apalagi, anak muda mari bernyanyi dan tetap jaga jarak serta kesehatan,” semangat Yogi.

Baca juga :  13 pasang calon perseorangan mendaftar di Pilkada Sumbar, Bukittinggi terbanyak

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulai, memberikan apresiasi terhadap kegiatan kreatif yang dilaksanakan Scientia. Penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 dilihatnya penuh tantangan, karena dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

“Jadi dibutuhkan kegiatan-kegiatan kreatif yang dapat menyentuh pemilih milenial tanpa harus bertatap muka/berkumpul. Siva 2020 menyajikan dua hal, pertama kreatifitas anak muda tumbuh, dan kedua pesan pilkada tersampaikan dengan apik,” ujar Gebril.

Dia berharap ruang kreatif seperti Siva 2020 dapat mengedukasi dan mendorong partisipasi pemilih serta kesadaran politik generasi muda. (ioc/rilis)