Padang, inioke.com–Sekretariat DPRD Sumbar memperoleh predikat informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020. Meski berada di posisi kedua, Sekretariat DPRD Sumbar membuktikan pada masyarakat, kalau selama ini lembaga itu sudah terbuka informasi. Anugerah dari Komisi Informasi Sumbar ini diserahkan di Padang, Rabu (25/11).

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis yang diwakili Plt Kabag persidangan Lazwardi mengatakan, anugerah ini akan terus memacu kinerja sekretariat DPRD Sumbar dalam memberikan informasi pada publik, sehingga masyarakat mendapatkan semua jawaban dari apa yang mereka inginkan.

“Kita melalui komando sekertaris DPRD Sumbar pak Raflis, akan terus meningkatkan inovasi dalam memberikan keterbukaan pada publik, sehingga lembaga kita tidak ada ketertutupan,” ulas Plt Kabag persidangan Lazwardi.

Tahun ini, DPRD Sumbar kedua kalinya menerima penghargaan dari KI, kalau tahun sebelumnya predikat menuju informatif, saat ini terjadi peningkatan dengan berbagai inovasi yang dapat diakses masyarakat langsung.

Hanya ada 16 lembaga di Sumatera Barat, baik provinsi maupun kabupaten dan kota serta perguruan tinggi, yang mendapatkan predikat Informatif. Hal ini menunjukkan tidak mudah keterbukaan itu bisa diterapkan. Namun DPRD Sumbar menunjukkan kalau keterbukaan amat perlu dan selalu harus ada peningkatan.

Baca juga :  Punya Riwayat Dari Luar Sumbar, 74 orang Positif Covid-19 di Sumbar Hari ini

Ia juga menambahkan, dalam pelayanan publik, sekretariat DPRD Sumbar tidak boleh kaku, apalagi tidak memberikan yang terbaik.

“Meskipun kita hanya peringkat dua, namun predikat kita informatif, satu diantaranya yakni RSUD Padang Pariaman baru menuju Informatif, sama dengan kita tahun lalu,” ulas Lazwardi.

Ditambahkan Lazwardi, jika saja untuk SKPD setingkat, tentunya DPRD Sumbar sudah mendapatkan peringkat 1, namun karena disandingkan dengan Rumah Sakit yang memang selama ini melayani publik, maka kita tetap pada peringkat dua, mengalahkan Rumah sakit lainnya.

Penyerahan anugerah oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, didampingi ketua KI Nofal Wiska, wakil ketua Adrian Tuswandi, komisioner lainnya Arif Yumardi dan Tanti Endang Lestari dengan penuh kegembiraan. (ioc)