Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Sembilan nagari kekurangan pelamar, KPU Solok Selatan perpanjang pendaftaran PPS
Pendaftar PPS mempersiapkan kelengkapan berkas untuk diberikan ke KPU sebagai syarat pendaftaran. Hingga batas akhir pendaftaran PPS pada Senin (24/2) KPU kekurangan pelamar di sembilan Nagari sehingga memperpanjang masa pendaftaran. (ANTARA/Erik IA)
OKE News

Sembilan nagari kekurangan pelamar, KPU Solok Selatan perpanjang pendaftaran PPS 

Padang Aro, (inioke.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memperpanjang pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) karena kekurangan pelamar di sembilan nagari (desa adat).

“Kami memperpanjang pendaftaran mulai 25 hingga 27 Februari 2020, dan sekarang kami menurunkan langsung petugas ke Nagari yang kurang pelamarnya untuk jemput bola guna memenuhi kekurangan tersebut,” kata Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita di Padang Aro, Selasa.

Di menyebutkan, tujuan KPU menurunkan langsung petugas ke Nagari karena mungkin saja calon pelamar jauh untuk ke kantor KPU sehingga enggan untuk datang mengantarkan lamarannya.

KPU sendiri membutuhkan PPS tiga orang per Nagari, sedangkan untuk pelamar minimal dua kali lipat kebutuhan yaitu enam orang.

Sedangkan pelamar di sembilan Nagari yang kurang tersebut jumlah pelamarnya tidak sampai enam orang bahkan ada yang kosong.

Untuk Nagari yang jumlah pelamarnya tidak mencukupi yaitu di Kecamatan Sangir Batang Hari tepatnya daerah sulit ada tiga Nagari di antaranya Lubuk Ulang Aling Induk tidak ada sama sekali, Lubuk Ulang Aling Selatan tiga orang dan Lubuk Ulang Aling Tengah dua orang.

Baca juga :  Siaga COVID-19, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Selanjutnya di Kecamatan Sangir Balai Janggo yaitu di Talao Sungai Kunyit ada tiga pelamar.

Sedangkan di Kecamatan Sungai Pagu yang kurang di Nagari Pasar Muaralabuh hanya ada dua pelamar, Pasir Talang Barat lima orang, Sako Utara Pasir Talang empat orang.

Seterusnya di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh di Nagari Pakan Rabaa Timur ada tiga pelamar dan Pakan Rabaa Tengah empat orang.

Dia menjelaskan kalau hingga batas akhir perpanjangan pendaftaran masih ada Nagari yang belum mencukupi, maka KPU akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Kalau sampai akhir perpanjangan pendaftaran PPS tidak juga mencukupi, kami meminta usulan nama pegawai pemerintah yang bersedia menjadi PPS,” ujarnya.

Saat ini yang mendaftar sebagai anggota PPS tercatat sebanyak 376 orang dengan laki-laki 138 orang dan perempuan 238 orang.

Untuk pendaftar paling banyak pelamarnya yaitu di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir sebanyak 40 orang.

Sebelumnya Bawaslu Solok Selatan juga kekurangan pendaftar pengawas di tujuh Nagari dan juga memperpanjang waktunya 25-27 Februari.

Baca juga :  Pemkab Solok Selatan minta perusahaan berkomitmen laksanakan TJSLP

Ketua Bawaslu Solok Selatan M Ansyar mengatakan tujuh nagari yang tidak memenuhi syarat minimal yaitu Koto Baru, Pasar Muaralabuh, Pasir Talang Barat dan Sako Selatan Pasir Talang di Kecamatan Sungai Pagu.

Selanjutnya Nagari Pauh Duo Nan Batigo di Kecamatan Pauh Duo dan Padang Ganting di Sangir Jujuan, serta Pakan Rabaa Timur Koto Parik Gadang Diateh. (*)

Pewarta : Erik Ifansyah Akbar
Editor: Mukhlisun
(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *