Payakumbuh, inioke.com–Ditemukan dua orang lagi positif COVID-19 di Kota Payakumbuh berdasarkan hasil tes swab. Dengan begitu, sudah 13 orang kena corona di Kota Rendang tersebut hingga hari ini. Sebaran orang positif COVID-19 merata di seluruh kecamatan ini menjadikannya zona merah.

“Hari ini kita mencatat ada dua penambahan kasus baru, yaitu pria I, 28, karyawan swasta dari Kecamatan Payakumbuh Utara. Kemudian pria M, 27, sopir dari Kecamatan Payakumbuh Selatan. Jadi total kasus positif di Payakumbuh telah berjumlah 13 orang,” kata Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz, Jumat (8/5).

Dua orang baru kena corona yang diumumkan tersebut, menurut Erwin, masih dalam kondisi cukup baik atau tanpa gejala. Salah seorang dikirim ke karantina provinsi di BPSDM Sumbar, Padang Besi, Kota Padang.

Dijelaskan Erwin, dari 13 orang itu, 7 orang isolasi mandiri. Kemudian, 3 orang di Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi, 1 orang di Semen Padang Hospital dan 2 orang karantina di BPSDM Sumbar,” ujarnya.

Ia mengatakan dua kasus ini masih satu klaster, yang penyebarannya berasal dari kasus pertama COVID-19 di Payakumbuh yang diumumkan pada Jumat (24/4) lalu. Saat ini jumlah kasus positif sudah menyebar ke semua kecamatan yang terdapat di daerah tersebut.

Baca juga :  Sutan Riska Sosialisasikan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 kepada Ninik Mamak dan Bundo Kanduang

“Sebarannya itu ada di Kecamatan Payakumbuh Selatan 5 orang, Payakumbuh Utara 2 orang, Payakumbuh Barat 4 orang, Payakumbuh Timur dan Lamposi Tigo Nagari masing-masing 1 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal, mengatakan saat ini kurang lebih sudah ada 300 orang yang sudah dilakukan pengambilan spesimen untuk uji swab.

“Hasil uji swab yang sudah keluar itu 154 orang, yang mana 141 hasilnya negatif dan 13 lainnya positif. Kita masih menunggu seratusan lebih lagi hasil dan juga terus melacak orang yang melakukan kontak dengan pasien positif,” ujarnya. (iok)