Waktu tempuh Padang-Pekanbaru dengan truk paling cepat 12 jam. Bagi pengusaha logistik jalan tol sangat memberikan kemudahan, karena jarak tempuh lebih dekat dan barang bisa sampai dengan cepat, minimal ditempuh dalam tiga jam.

“Arus barang logistik makin lancar dan pasokan barang untuk kebutuhan Riau dengan adanya jalan tol tidak akan pernah putus lagi,” ujar Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar, Sengaja Budi Syukur, pada Diskusi Bulanan Jaringan Pemred Sumbar (JPS) di Padang, Kamis 25/3 di Padang.

Pada diskusi yang dimoderatori akademisi Unand Ilham Adelano Azre ini, Budi mengatakan Riau adalah peluang pasar yang besar bagi Sumbar. Ketika jalan tol Padang-Pekanbaru selesai dan berioperasi nanti, peluang pasar itu akan semakin besar, karena arus perpindahan orang dan barang semakin cepat, lancar serta mudah.

“Walau akan ada tantangan, karena juga memberi peluang bagi pengusaha angkutan besar nasional untuk bermain angkutan logistik dan barang dengan adanya tol nanti,” ujar Budi.

Pengusaha angkutan orang dan barang Sumbar, katanya, mau tidak mau harus siap bersaing dengan terbukanya tol Padang-Pekanbaru.

Baca juga :  Pemko Padang Panjang dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Teken MoU

“Jangan pernah mau menjadi penonton dari imbas pembangunan tersebut,” ujar Budi.

Apalagi, kata Budi, Sumbar ibarat gadis cantik yang molek menjadi daya tarik semua orang.

“Lalu siapakah yang akan mendapatkannya?” tanya Budi.

Bagi Budi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru juga memberi akses bagi sektor pariwisata di Sumbar. (ioc)