Padang, inioke.com–Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Padang yang terdiri dari unsur Bawaslu Kota Padang, Polresta Padang dan Kejaksaan Negeri Padang melaksanakan rapat koordinasi pertama setelah tahapan pilkada kembali dilanjutkan pasca keluarnya Perppu nomor 2 tahun 2020, karena sebelumnya Pilkada 2020 sempat tertunda akibat pandemi covid-19.

Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra, mengatakan, pertemuan pertama Sentra Gakkumdu Kota Padang ini merupakan silaturahim pasca dilanjutkannya kembali tahapan Pilkada Tahun 2020 akibat dari pandemik covid-19.

Kegiatan rapat Sentra Gakkumdu Kota Padang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Padang, Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Kapolresta Padang yang diwakili oleh Kasat Reskrim Kota Padang serta Penyidik dan jaksa yang tergabung kedalam tim sentra Gakkumdu Kota Padang.

Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Ranu Subroto, mengatakan setiap unsur yang ada dalam Sentra Gakkumdu Kota Padang harus menjaga integritas dan mampu melakukan penanganan tindak pidana pemilu secara adil dan berkepastian hukum.

“Hal ini demi terwujudnya Pemilihan Kepala Daerah yang berkualitas di Kota Padang, kata Ranu Subroto.

Baca juga :  Orang Pertama Positif COVID-19 di Agam Kemungkinan Terpapar dari Payakumbuh

Sementara itu, Kapolresta Padang yang diwakili oleh Kasat Reskrim, Kompol Rico Fernanda, menyampaikan, unsur kepolisian yang tergabung kedalam Sentra Gakkumdu menyatakan Kesiapan dan komitmen dalam melakukan penanganan tindak podana Pilkada Tahun 2020 di Kota Padang.

Kordinator Sentra Gakkumdu Kota Padang, Firdaus Yusri menerangkan Sentra Gakkumdu ini dibentuk sebagai komitmen bersama antara Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan dalam menangani setiap dugaan tindak pidana pemilihan.

“Pertemuan kita hari ini hanya silaturahmi untuk ketiga unsur yang berada pada Sentra Gakkumdu yaitu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dan belum masuk pada teknis kegiatan Gakkumdu,” tutup Anggota Bawaslu Kota Padang ini.

Selain untuk silahturrahmi antara ketiga unsur Sentra Gakkumdu Kota Padang tersebut juga diserahkan Surat Keputusan (SK) Sentra Gakkumdu Kota Padang untuk Pilkada Tahun 2020. (boy)