Padang, inioke.com–Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemprov Sumbar akan dikirim melalui PT Pos Indonesia. Masyarakat hanya menunggu Pak Pos di rumah mengantarkan bantuan tersebut.

“Diantar langsung oleh petugas pos ke rumah masing-masing penerima warga yang telah masuk data penerima,” ujar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

Dijelaskannya, untuk BLT ini, Pemprov Sumbar telah menyediakan anggaran Rp215,946 miliar untuk 119.970 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 19 kabupaten/kota. Bantuan tersebut akan dikirim Rp600 ribu perbulan selama 3 bulan. Pengiriman BLT tahap awal dirapel 2 bulan sekaligus, masyarakat bisa menerima Rp1,2 juta.

Namun, saat ini belum bisa dikirim karena data dari kabupaten/kota belum lengkap diterima provinsi.

“Bagi daerah datanya sudah lengkap langsung kita kirim. Saya minta kabupaten dan kota segera melengkapi data agar masyarakat bisa menikmati bantuan ini,” pintanya.

Kemudian, terangnya, penerima BLT adalah mereka yang tidak tercover dalam bantuan lain dari pemerintah. Sebab bantuan provinsi merupakan salah satu dari dukungan untuk masyarakat terdampak Pandemi COVID-19 diantara bantuan lainnya.

Baca juga :  Data Pribadinya Diposting Petugas PSBB di Facebook, Ketua KPU Sumbar Bakal Lapor Polisi

“Jadi ada 7 jenis bantuan yang digelontorkan pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah wabah COVID-19 ini. Mulai dari BLT Kementerian Sosial, Program Keluar Harapan (PKH), Bantuan Sembako dari Kemensos, Bantuan dari Kementerian Desa (Dana Desa), dan Kartu Prakerja dari Kementerian Tenaga Kerja,” terangnya.

Dari sederet bantuan tersebut tidak dibolehkan mendapat ganda atau lebih dari satu jenis. (gyo)