Kehadiran jalan tol di Sumbar memiliki peran strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dinukilkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dalam materi tertulis pada diskusi bulanan JPS di Padang, Kamis (25/2). Mahyeldi urung menjadi keynote speaker dalam diskusi yang dihadiri para pemred media di Sumbar dan stakeholder terkait jalan tol tersebut. Sebagai Gubernur terpilih, ia dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, bertepatan dengan acara diskusi ini.

“Akses tol mampu mendongkrak ekonomi dengan baik,” katanya.

Menurutnya, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini akan diintegrasikan dengan rencana jalan arteri, baik jalan provinsi maupun jalan kabupaten/kota. Dengan demikian akan memiliki lebih banyak peluang ekonomi dan usaha di lingkungannya.

“Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini kita harapkan juga bisa disinergikan dengan seluruh sistem agribisnis di sepanjang jalan tersebut. Sehingga mampu mengangkat potensi sektor pertanian,” ungkapnya.

Mahyeldi juga menyadari, lambatnya pembebasan lahan saat ini disebabkan kesimpangsiuran informasi, sehingga masyarakat kehilangan kepercayaan kepada pemerintah.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemrov Sumbar akan mengoptimalkan komunikasi dengan masyarakat yang terkena dampak, serta semua pemangku kepentingan. Kita akan menjelaskan secara terang benderang segala persoalan itu, dan manfaat positif dari pembangunan jalan tol ini,” pungkasnya. (ioc)

Baca juga :  Dosen Universitas Bung Hatta Bagikan Bantuan kepada Masyarakat