Dharmasraya, inioke.com–Dinilai memiliki banyak keunggulan dan tageh atau tangguh dari banyak segi, Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya ditetapkan sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang. Penetapan Nagari Sungai Langkok sebagai Nagari Tageh ini ditandai dengan launching secara resmi oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kemarin.

Setidaknya, ada 4 kategori yang mendukung Nagari Sungai Langkok ditetapkan menjadi Nagari Tageh Rumah Gadang. Pertama, tageh atau tangguh dalam penanganan covid-19 dan kesehatan masyarakat. Kedua, tangguh dalam ketahanan pangan, ketiga tangguh dalam terciptanya ketertiban dan keamanan. Kemudian keempat, tangguh dalam kebersihan lingkungan.

Dalam sambutannya, Sutan Riska sangat mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan, apalagi Kecamatan Tiumang masuk zona hijau Covid 19.

“Dalam di setiap melakukan kegiatan, masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker, jaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, agar tetap aman dari penyebaran virus corona,” ujar Sutan Riska.

Usai melaksanakan kegiatan di dalam ruangan, rombongan terus melakukan peninjauan lapangan terhadap kategori kesehatan di Puskesmas Tiumang. Kemudian meninjau sawah sebagai ketahanan pangan. Diantara hal yang menarik dari segi ketahanan pangan di Nagari Sungai Langkok adalah, warga disana sangat giat menanam di perkarangan rumah terutama sayuran. Kemudian di setiap satu rumah, warga memiliki sedikitnya dua ekor ternak sapi. Begitu juga bidang kamtibmas, mereka menjaganya dengan mengaktifkan pos ronda malam hari.

Baca juga :  Suami Pasien Asal X Koto Tanah Datar juga Positif COVID-19

Menurut Wali Nagari Sungai Langkok, Narin Imam, program ini dapat tercapai berkat kekompakan warganya. Wali Nagari tiga periode itu juga menambahkan bahwa yang sangat giat dalam nagari tageh ini adalah Bhabinsa dan juga Bhabinkabtibmas yang bertugas di wilayah tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Kapolres Dharmasraya, AKBP. Aditya Galayudha Ferdiansyah, Asisten, Ketua MUI, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Pengadilan Negeri, Danramil Pulau Punjung, Ketua Aswana, Camat, dan Wali Nagari se Kecamatan Tiumang. (ioc/rilis)