Padang, inioke.com–Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hanya tinggal hitungan hari. Sesuai jadwal yang ditetapkan panitia, rencananya musprov KONI Sumbar akan digelar, 4-5 Mei 2021.

Menjelang pelaksanaan alek olahraga Sumbar untuk memilih pemimpinnya ini, sejumlah nama mulai mengapung. Sebut saja Mayjen TNI (Purn) Amril Amir Datuk Palindih. Sosok Ketua Umum Persatuan Kempo Sumatera Barat ini dinilai sangat tepat dan cocok memimpin KONI guna memajukan olahraga Sumbar ke depan.

“Olahraga butuh dana yang besar, baik dalam melakukan pembinaan atlet, termasuk untuk menggelar iven. Nah, dengan jaringan yang dimiliki Amril Amir, saya berkeyakinan berbagai persoalan yang dihadapi dunia olahraga di Sumbar bisa teratasi,” ungkap Syaiful, mantan Ketua Umum KONI Sumbar.

Sebagai mantan Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful mengaku sangat memahami tetek bengek dan segala permasalahan yang dihadapi dunia olahraga di Sumbar agar bisa bangkit dan berkembang.

“Persoalan keolahragaan di Sumbar, tak hanya sebatas pendanaan, namun kepemimpinan yang tegas serta komitmennya untuk memajukan prestasi olahraga, sangat diperlukan,” terang Syaiful.

Baca juga :  Bupati Hendrajoni imbau masyarakat tidak resah terkait virus corona

Apalagi sejak pandemi Covid-19 menyerang bangsa ini, lanjut Syaiful, menyebabkan semuanya jadi sakit. Termasuk dunia olahraga, dimana anggarannya terpaksa harus direfocusing untuk penanganan Covid-19. Akibatnya, banyak anggaran terpangkas dan yang pasti mengganggu program pembinaan atlet.

“Nah, dengan jaringan yang dimiliki oleh Amril Amir sebagai jenderal yang mantan Pangdam, saya berkeyakinan persoalan-persoalan itu akan dapat teratasi. Karena, kalau pendanaan olahraga hanya mengandalkan APBD, saya pastikan akan sulit untuk bangkit,” ujar Syaiful.

Menurut Syaiful, seharusnya pegiat olahraga di Sumbar bersyukur, sosok jenderal sekelas Amril Amir punya niat untuk mengurus olahraga di Sumbar. Ini peluang besar bagi Sumbar untuk bisa bangkit.

Biodata Singkat
Nama : Mayjen TNI (Purn) Amril Amir Datuk Palindih
Jabatan : Ketua Umum Persatuan Kempo Sumbar
Riwayat Jabatan :
• Danyonif 203/Arya Kemuning
• Danrem 041/Gatam
• Pati Kasad bidang hukum dan HAM
• Kadisjarah
• Kasdam VII/Wirabuana
• Pangdam VII/Wirabuana
Lahir : 15 Januari 1954 (umur 67)
Pasangan : Ny. Anna Syukur
Almamater : Akademi Militer (1978)
Dinas/cabang : TNI Angkatan Darat
Pangkat : Mayor Jenderal TNI
Satuan : Infanteri

Baca juga :  Warga Guguak Belum Berhasil Ditemukan