Setelah tutup selama hampir enam bulan, Taj Mahal akan terbuka kembali bagi turis mulai Senin (21/9). Ini adalah pertama kalinya Taj Mahal untuk untuk periode yang panjang semenjak tutup pada 17 Maret lalu.

Pemerintah mengambil langkah ini ketika India tampaknya hampir akan mengambil posisi AS sebagai negara dengan kasus terbanyak. India, memiliki populasi 1,3 milyar orang melaporkan sekitar 5,4 juta kasus Covid-19.

Taj Mahal adalah salah satu yang menarik kunjungan para turis. Monumen keramik putih ini menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia ini berdiri pada abad ke 17 oleh sultan Mughal, Shah Jahan sebagai makam bagi istrinya Mumtaz Mahal. Sebelum pandemi, Taj Mahal menarik kunjungan sekitar 70.000 turis setiap harinya.

Hindustan Times melaporkan bahwa otoritas India akan melakukan pemeriksaan temperatur sebelum bisa memasuki Taj Mahal dan meminta para pengunjung untuk menggunakan pembayaran digital untuk membeli tiket. Pengunjung juga harus mematuhi pembatasan fisik. Mereka bisa mengambil swafoto atau foto sendirian, namun tidak boleh untuk mengambil foto berkelompok. Hanya 5.000 orang pengunjung yang dapat masuk ke situs itu perharinya.

Baca juga :  Pemko Padang Bahas Persiapan PSBB

Pihak keamanan akan mengawasi ketat para turis agar tidak menyentuh dinding, anak tangga dan monumen. Mereka juga menganjurkan turis menggunakan tisu toilet, masker dan sarung tangan.

India melaporkan lebih dari lima juta kasus covid-19. Uttar Pradash yang menjadi lokasi Taj Mahal, merupakan salah satu wilayah yang terparah dengan 270.000 kasus sejauh ini.

India kini tengah berusaha keras memacu ekonominya meskipun penyebaran virus semakin meningkat. Bangkok Post meaporkan, Semenjak berlakunya lockdown, sekitar 10 juta orang India terancam kemiskinan. Hal ini membuat PM India, Narendra Modi ragu-ragu untuk mengambil contoh kebijakan ketatĀ  negara-negara lain dalam menekan pandemi ini. dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah perlahan-lahan menghapus pembatasan termasuk membuka kembali jalur kereta, penerbangan domestik, restoran dan sekarang Taj Mahal. (patra)