Padang, inioke.com–Jumlah orang terkena corona terus bertambah di Sumbar. Data hari ini (23/4) menunjukkan ada penambahan 5 orang positif COVID-19. Empat orang berasal dari Kota Padang dan seorang lagi dari Pesisir Selatan. Kemudian, seorang diantaranya telah meninggal sebelum hasil tes swab ini keluar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal melaporkan, sampai hari ini telah 86 orang warga terinfeksi COVID-19.

“Terjadi penambahan masyarakat positif sebanyak 5 orang, sehingga sebelumnya 81 orang menjadi 86 orang positif,” katanya.

Ia merinci tambahan tersebut, dari Kota Padang 4 orang yakni, perempuan berusia 62 tahun, ibu rumah tangga, kluster Kecamatan Padang Timur, sekarang di rawat di RSUD Rasyidin Padang, yang bersangkutan terinfeksi karena kontak dengan pasien sebelumnya yang juga telah terinfeksi. Kemudian, laki-laki berusia 60 tahun, dari Kecamatan Kuranji, pensiunan. Beliau telah meninggal dunia sebelum hasil tes swabnya keluar. Ia masih berstatus PDP ketika itu dan dirawat intensif di RSUP M Djamil Padang.

Selanjutnya, laki-laki berusia 59 tahun, pensiunan salah satu BUMN, kluster Kecamatan Padang Selatan. Sekarang isolasi mandiri di rumah dibawah pengawasan ketat Semen Padang Hospital, diduga terinfeksi karena pernah kontak dengan pasien positif sebelumnya yang juga masih dirawat. Terakhir, laki-laki berusia 64 tahun, pedagang di Pasar Raya. Terinfeksi di Pasar Raya dan terakhir berdagang 5 hari yang lalu, kluster Kecamatan Padang Barat, sekarang di rawat di RSUP M Djamil Padang.

Baca juga :  16.000 Liter Cairan Disinfektan Disemprotkan di Jalanan Kota Padang

“Satu orang lagi positif berasal dari Tarusan Pesisir Selatan, wanita berusia 35 tahun, terinfeksi karena kontak dengan rekan kerja sekantor. Sekarang isolasi di Rusunawa Painan di bawah pengawasan ketat RSUD M Zein Painan,” ujarnya.

Jasman menambahkan, hari ini terkonfirmasi 3 orang pasien yang isolasi mandiri di Kota Padang dinyatakan sembuh. Terdiri dari 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

“Rinciannya, 1 orang warga Gunuang Pangilun Kota Padang, laki-laki 29 tahun. Kemudian suami istri warga Sawahan Kota Padang. Total yang sembuh sampai hari ini adalah sebanyak 16 orang,” ujar Jasman.

Sementara itu, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.242 orang dengan rincian proses pemantauan 535 orang dan selesai Pemantauan 6.707 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 285 orang.

Dari 285 PDP tersebut, 58 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium. Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 211 orang dan isolasi diri di rumah 16 orang.

Pasien positif yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS Rujukan total 19 orang, isolasi mandiri di rumah 14 orang, di Bapelkes 2 orang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang. (gyn)

Baca juga :  Hendri Septa Imbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan