Tanah Datar, inioke.com–Kabupaten Tanah Datar dipilih Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat sebagai percontohan penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan pemerintahan tingkat nagari.

“Kita memilih Tanah Datar sebagai salah satu ikon Sumatera Barat, kita punya mimpi mewujudkan Smart Nagari untuk dapat ditiru daerah lainnya,” kata Direktur IPDN Kampus Sumbar Tun Huseno di Pagaruyung, kemarin.

Tun Huseno menyebut penerapan program tersebut akan melibatkan praja IPDN Kampus Sumbar Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan (TRIP) di salah satu nagari di Tanah Datar guna menerapkan model pengelolaan pemerintah berbasis teknologi informasi.

Sementara itu, Sekda Tanah Datar Irwandi mengapresiasi program yang dicanangkan IPDN Kampus Sumbar. Pemkab akan mempelajari bagaimana teknis kerjasamanya nanti.

Ia menyebut Pemkab Tanah Datar sudah memiliki program Smart City. Masyarakat dapat mengakses layanan internet dimana dan kapan saja di banyak lokasi di Tanah Datar .

“Pemerintah Tanah Datar menerapkan beberapa pelayanan berbasis IT, dengan adanya program dari IPDN Sumbar, tentu bisa dikolaborasi,” tutur Irwandi. (ioc)

Baca juga :  SPAM Bukit Kanduang Solok Bakal Diperjuangkan Komisi I DPRD Sumbar