Padang, inioke.com–Pembangunan Trans Mentawai terus berlanjut 2021. Akhir 202O, akses Pulau Siberut sudah terbuka.

“Saat ini Siberut sudah terbuka, 2021 pengerjaan Trans Mentawai terus lanjut,” ujar Kepala PUPR Pemkab Mentawai, Elfi, Jumat (1/1) di Padang.

Sampai akhir tahun 2020, dari 393,2 kilometer Trans Mentawai. Progresnya, kata Elfi, aspal dan beton sudah 86,5 kilometer, serta pengerasan dengan sirtu sepanjang 86,5 kilometer.

“Sedangkan yang sudah terbuka jalan tanah 183,2 kilometer. Sisa belum terbuka sama sekali dengan kondisi lahan sudah clear and clean 37 kilometer,” ujar Elfi.

Bahkan dalam progres akhir tahun, Elfi menunjukan proses pengerjaan seperti beton di ruas Pagai Selatan dan sebagai bagian dari Trans Mentawai.

“Untuk ruas Siberut badan jalannya lebar. Target Trans Mentawai di Siberut ini masuk klasifikasi jalan nasional,” ungkap Elfi.

Pola pembangunan Trans Mentawai sebagai proyek insfrastruktur nasional yang mendapat perhatian Presiden Joko Widodo ini untuk memastikan konektivitas.

“Kita clearkan konektifitasnya dulu, baru setelah itu pembangunan jembatan penghubung. Alhamdulillah sejak proyek Trans Mentawai dikerjakan tidak ada gangguan terutama soal pembebasan tanah untuk jalan ini. Bahkan masyarakat di Mentawai sangat berharap Trans Mentawai selesai secepatnya dan berterimakasih sangat kepada Presiden RI, karena Pak Joko Widodo memberikan perhatian khusus terhadap proyek ini,” pungkas Elfi. (rilis)

Baca juga :  JPS dan IWO Sumbar Bagikan Hand Sanitizer kepada Pengemudi Ojek Online