Padang, inioke.com–Secara virtual, Universitas Bung Hatta telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM) yang diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor, Kampus Proklamator I, Universitas Bung Hatta (30/9/20). Kegiatan yang sama juga dilakukan secara virtual di Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM).

Di Universitas Bung Hatta, kegiatan ini dilaksanakan berbasis aplikasi Webex Meeting yang dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor Universitas Bung Hatta. Di samping itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), dan Kepala Bidang Kerja Sama BPPKP Universitas Bung Hatta.

“MoU yang ditandatangani hari ini merupakan perpanjangan dari aktivitas kerja sama Universitas Bung Hatta dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM), sejak 2017 yang lalu,” kata Rektor Universitas Bung Hatta, Tafdil Husni.

Lebih lanjut dikatakan Tafdil Husni bahwa telah banyak aktivitas yang dilaksanakan untuk mengaplikasikan kerja sama ini, seperti kerja sama akademik, pertukaran dosen tamu, pertukaran mahasiswa dan staf, serta konferensi internasional. Terkait dengan pertukaran dosen tamu, mahasiswa, dan staf, hal ini merupakan implementasi dari Program Kampus Merdeka; Merdeka Belajar, sebagaimana yang digagas oleh Kemdikbud di tahun 2020 ini.

Baca juga :  4000 Botol Penyanitasi Tangan Dibagikan IKA Unand dan Sivitas Akademika

Menanggapi hal itu, Mohd Azraai Kassim, Naib Canselor, UiTM mengatakan bahwa meski dunia tengah dilanda Pandemi Covid-19, hubungan bilateral antara UiTM dengan Universitas Bung Hatta tetap terjaga dan terlaksana dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Bung Hatta. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan seluruh item kerja sama ini dapat terealisasi sesuai dengan tujuan bersama,” imbuhnya.

“Tentu kami mengucapkan terima kasih atas upaya pengembangan kerja sama yang masih terjalin dengan baik hingga saat ini. Saya yakin kerja sama ini akan bisa lebih diperluas lagi, tidak hanya bagi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, tetapi jug fakultas lainnya di lingkungan Universitas Bung Hatta,” tutup Rektor Universitas Bung Hatta. (rilis)