Padang, inioke.com–Mewujudkan kampus merdeka dan merdeka belajar, Universitas Taman Siswa Padang lakukan kerjasama dengan beberapa mitra kerja terkait. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Kampus Universitas Taman Siswa Padang, Kamis (25/6).

Rektor Universitas Taman Siswa Padang, Sepris Yonaldi, mengatakan, tujuan kerjasama dengan enam mitra kerja ini tidak terlepas dari Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan seperti, pemberian beasiswa kepada mahasiswa baru di universitas Taman Siswa dengan nominal 30-50 persen, pengurangan biaya kuliah sesuai dengan program studi yang akan diambil nantinya. Mitra Universitas Taman Siswa akan menjadi bagian menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat dan memberikan rekomendasi beasiswa tersebut kepada mereka yang membutuhkan.,” ujar Sepris Yonaldi.

Universitas Taman Siswa kedepan juga akan merencanakan pemberian beasiswa “KIP kuliah” yang dulunya disebut dengan program Bidikmisi dengan penambahan kuota menjadi 100. “Keep kuliah” adalah program yang dipersiapkan oleh Kemenristek bagi calon mahasiswa yang terkendala dengan masalah ekonomi. Mereka akan mendapatkan beasiswa sampai tamat dan juga akan diberikan uang saku dalam menempuh pendidikan sampai selesai.

Baca juga :  Ketua KPU Sumbar Laporkan Petugas PSBB Lubuk Peraku ke Polda Sumbar

Selain itu, lanjutnya, sesuai dengan program kerja Kemendikbud (Nadiem Makariem) bahwasanya kedepan akan dimulainya program kampus merdeka, merdeka belajar dimana mahasiswa akan mendapatkan kesempatan belajar di kampus dan penerapannya langsung di tengah masyarakat.

“Tentunya hal ini juga akan menjadi bagian fokus kita untuk kembali bekerjasama dengan para mitra dalam menerima mahasiswa di lingkungan dan instansi kita masing-masing untuk pengaplikasian disiplin ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini di lingkungan kampus,” ungkap Sepris.

Hadir dalam penandatanganan kerjasama ini, Zaqrona Samran (Pemimpin Perusahaan inioke.com), Mahdianur (Ketua Karang Taruna Sumbar), Elfiyon Julinit (Direktur Laziz Mitra Ummat Madani), Musfi Yendra (Dirut PT Dompet Dhuafa Niaga), Helmi Prilla Aldino dan Hendra Novri (BPD HIPMI Sumbar), Hilman H (Forum Wali Nagari Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman).

“Dari enam mitra kerja kita ini tentu ada poin khususnya masing-masing dalam kerjasama kedepan. Seperti inioke.com, sebuah wadah media online Sumatera Barat tentunya dapat memberikan informasi luas kepada masyarakat terkait program beasiswa tersebut, dengan harapan tentunya jangkauan infromasi media, komunikasi ini akan dapat tersampaikan secara akurat,” papar Sepris.

Baca juga :  Adib Arham, Sosok di Balik Sukses Malabar

Lalu, lanjutnya, BPD HIPMI Sumbar yang keseharian berkecimpung di bidang usaha oleh para pemuda. Lazis Mitra Ummat Madani yang berbuat untuk mencerdaskan masyarakat yang visinya sama dengan Unitas Padang. Kemudian, PT Dompet Dhuafa Niaga yang sekarang ikut berinvestasi di Universitas Taman Siswa Padang diperuntukkan bagi pembangunan labor serta menunjang kegiatan-kegiatan setiap bidang studi.

“Selanjutnya ada Karang Taruna Sumatera Barat dan Forum Wali Nagari Kecamatan Lubuk Alung Padang Pariaman dengan tujuan untuk pengembangan kerjasama di bidang pengabdian masyarakat di nagari sesuai program kerja dan bidang kajian masing-masing instansi. Semua mitra-mitra kita tersebut akan menjadi potensi luar biasa dalam sinergi kita dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (boy)