Padang, inioke.com–Sebelum memasuki tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, Kota Padang harus mempersiapkan segala sesuatunya, terutama disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Kesiapan masyarakat itu termasuk pemilik usaha dan pedagang.

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, meninjau persiapan penerapan tatanan normal baru tersebut di beberapa pusat perbelanjaan dan hotel-hotel yang ada di Kota Padang, kemarin. Peninjauan ini dilakukan bersama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Hermanto.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, mengatakan, tinjuan ini dilakukan guna memastikan penerapan protokol kesehatan di pusat-pusat perbelanjaan, seperti, menyediakan tempat cuci tangan, wajib memakai masker bagi karyawan dan pengunjungnya, serta menjaga jarak, termasuk saat antre.

“Sebelum memasuki new normal, kita ingin memastikan protokol kesehatan terlaksana dan berjalan dengan baik. Alhamdulillah, berdasarkan peninjuan kita hari bersama Bapak Gubernur dan Kapolda, tempat-tempat perbelanjaan seperti Transmart Padang, Pasar Raya dan Basko Hotel sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik. Seperti, penyediaan wastafel untuk cuci tangan, pengukur suhu badan, tapal batas jarak antara pengunjung dan pembatasan jumlah pengunjung,” jelasnya.

Baca juga :  Pelayanan RSUP M Djamil Terapkan Protokol COVID-19 Mulai Hari ini

Selanjutnya, Hendri Septa juga mengimbau kepada seluruh warga Kota Padang, untuk bersama-sama mendukung pemerintah memasuki tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang telah membuka Pasar Raya Padang sebagai kawasan percontohan penerapan protokol kesehatan memasuki tatanan normal baru.

“Saat ini Kota Padang memasuki yang namanya prapola hidup baru untuk menuju tatanan normal baru yang produktif dan aman Covid-19. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dalam memasuki era new normal nantinya,” ujar Irwan.

Irwan menyebut, kunci agar tetap produktif dan aman terhadap covid-19 dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh.

“Untuk itu, kita ucapkan terimakasih kepada TNI-Polri yang telah membantu mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat terbiasa dan menjadikannya budaya serta gaya hidup,” tukuknya. (ioc)