Padang, inioke.com–Warga Kota Padang terdampak Covid-19 mulai merasakan bantuan sosial dari berbagai pihak.  Kali ini datang dari lembaga non pemerintah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar. Aksi sosial ini serentak dilakukan sebanyak 10 lembaga volunteer di Kota Padang.

Wali Kota Padang Mahyeldi melepas secara resmi pendistribusian bantuan sosial berupa beras sebanyak 10 ton, yang dibagi dalam karung 10 kg, di Makodim 0312/Padang, Senin (4/4). Hadit dalam kesempatan itu Dandim 0312/Padang Kolonel Nova Mahanes Yudha dan jajaran, Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Wellf beserta pengurus dan lainnya.

Mahyeldi atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang membantu pemberian bantuan sosial berupa paket sembako bagi warga Kota Padang yang terdampak secara sosial ekonomi akibat dampak covid-19.

“Alhamdulillah, hari ini kita mendistribusikan lebih kurang 6.000 paket atau 10 ton beras yang bersumber dari 10 lembaga zakat yang ada di Kota Padang. Selain ACT aksi ini juga dilakukan Baznas Kota Padang, LAZ Semen Padang, Rumah Zakat, Yakesma, Risalah Charity dan beberapa lembaga zakat lainnya,” terang wako.

Baca juga :  Meski Wabah Corona, Pasar Pabukoan Batusangkar Tetap Buka Selama Ramadan

Mahyeldi menyebut, bantuan tersebut akan disebar ke seluruh kecamatan se-Kota Padang. Dimana untuk bantuan tahapan selanjutnya juga akan ada dan menyesuaikan bagi yang belum menerima bantuan.

“Sebelumnya, sebanyak 1.000 paket sembako kita ketahui telah distribusikan juga yang dilakukan oleh BUMN/BUMD, beberapa anggota DPRD, partai politik, personal-personal dan lainnya. Jadi, kita bersyukur di tengah pandemi covid-19 ini kita semua saling menunjukkan kebersamaan serta membangun soliditas dan solidaritas,” ucap Mahyeldi bersyukur.

Sementara itu Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Wellf menyebutkan, bantuan kali ini adalah salah satu bentuk kepedulian ACT Sumbar untuk warga Kota Padang yang terdampak secara sosial ekonomi akibat wabah covid-19.

“Alhamdulillah, sebelumnya kita sudah mendistribusikan sebanyak 3.000 paket di Kota Padang. Dan untuk Sumbar berarti kita sudah menyerahkan lebih kurang 5.000 paket sejauh ini,” sebutnya.

Ia melanjutkan, 10 ton beras yang akan dibagikan kali ini yaitu untuk sebanyak 3 sasaran penerima di Kota Padang. Pertama bagi beberapa warga di Kecamatan Padang Timur, lalu kedua warga di Kecamatan Padang Utara dan ketiga bagi pasukan orange alias petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.

Baca juga :  Melukai hati masyarakat, Legislator Tanah Datar soroti pembongkaran GOR Cindua Mato Batusangkar

“Untuk teknis pembagian bantuan kita sudah koordinasikan dengan pihak RT/RW mana saja warga yang akan menerima bantuan yang diarahkan oleh lurah dan camat dengan disaksikan elemen terkait di kelurahan. Selain itu ada juga bantuan yang kita antar langsung ke rumah masyarakat,” jelas Zeng.

Mahyeldi juga ikut menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada pihak Pemerintah Kecamatan Padang Timur yang dilanjutkan ke beberapa warga penerimanya. (io/rel)