Padang, inioke.com–Warga yang menjalani isolasi mandiri karena COVID-19 bukan sosok yang perlu ditakuti. Tetapi harus dibantu agar mereka bisa menjalani karantina tersebut tanpa tekanan mental dan kebutuhannya tetap terpenuhi.

Menyadari hal demikian, warga RT 02 RW 05 Kampung Jambak, Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji, berlapang dada mengetahui ada satu keluarga di lingkungan tempat tinggal mereka yang terpapar virus corona. Mereka gotong royong membantu menyuplai makanan dan kebutuhan pokok selama keluarga positif COVID-19 tersebut mejalani isolasi mandiri di rumahnya.

Seorang warga, Nora, yang terlibat langsung membantu keluarga tersebut menuturkan, warga kampung Jambak sangat semangat membantu. Teknis dan cara membantunnya juga sudah diberitahu oleh tim medis setempat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terpapar virus corona.

“Semua bantuan dan tempat memasak bagi warga yang di isolasi sebanyak 6 KK ini, terdiri dari lansia sampai balita,” sebutnya.

Nora berharap, masyarakat dapat memberikan bantuan berupa buah-buahan untuk warga yang isolasi di rumah tersebut, yang jumlahnya 14 orang.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar melalui Pleno Tertutup

“Alhamdulillah, selain bantuan dari warga, kami juga dibantu dari Dompet Duafa berupa beras, kopi, gula dan minyak goreng,” ujar anak rang Jambak ini.

Kekompakan dan kepedulian warga membantu pasien isolasi mandiri tersebut, mendapat acungan jempol dari Wali Kota Padang Mahyeldi. Mendapat kabar tersebut, ia mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat yang telah peduli bergotong royong memberi makan bagi keluarga isolasi mandiri akibat COVID-19.

“Mudah-mudahan ini dapat menjadi contoh warga Padang lainnya,” kata Mahyeldi.

Seorang warga meletakkan bantuan di depan rumah keluarga yang diisolasi. (Humas Kota Padang)

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir, memuji langkah Pemerintah Kota Padang yang melibatkan warganya dalam penanganan dan pencegahan wabah virus Corona di Kota Padang.

“Penanganan Covid-19 dengan melibatkan warga merupakan langkah positif dan perlu kita berikan apresiasi. Kita sangat apresasi kepedulian sosial yang ditunjukkan warga Kelurahan Ampang ini. Mereka bergotong royong memberikan makanan, pagi, siang dan malam, kepada keluarga yang terdampak COVID-19. Kita harapkan masyarakat Kota Padang lainnya juga melakukan hal serupa, ” kata Irwan Basir.

Baca juga :  Fadly Amran : "Cashless" Cara Mudah Berstransaksi

Menurut Irwan, masyarakat tidak boleh menganggap aib orang yang terpapar virus corona.

“Kita harus peduli sesama warga dan tidak menjauhi pasien COVID-19. Dia juga saudara kita, perlu kita berikan bantuan dan dukungan moril,” sebut Irwan Basir yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji itu. (ion)