Agam, inioke.com–Warga Simpang Tembok, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menjamu Calon Bupati Agam, H Taslim Dt Tambogo sambil berdiskusi lepas. Menariknya, walau terkesan lepas namun berbagai ide untuk pembangunan Agam, menjadi masukan bagi Calon Bupati Agam nomor urut 1, yang berpasangan dengan Syafrizal Dt Majoindo ini.

Zainal Arifin, tokoh masyarakat Simpang Tembok berharap Lubuk Basung sebagai ibukota Agam mesti dikembangkan.

“Lampu penerangan jalan sudah banyak yang mati. Hal ini, akan memancing terjadinya tindakan kriminal,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Taslim menegaskan sebagai ibukota kabupaten, perekonomian Lubuk Basung harus tumbuh dan berkembang.

“Kita akan bangun Museum Hamka di Maninjau dan Museum Siti Manggopoh di Manggopoh. Sementara, Lubuk Basung sebagai penyangga kedua kawasan tersebut,” ujarnya.

Lubuk Basung akan dikembangkan sebagai pusat kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terutama, dengan menghidupkan usaha kuliner untuk menopang Maninjau dan Manggopoh yang akan dijadikan sebagai pengembangan wisata religius dan historis.

Usai berdiskusi, para generasi muda yang hadir dalam pertemuan mengambil momen foto bersama dengan Taslim.

Baca juga :  Pemerintah Arab Saudi Tetap Selenggarakan Haji Namun Terbatas

Ke depan, ujar Taslim, transportasi dari Simpang Gudang sampai Padang Lua harus lancar dengan meningkatkan status jalan.

“Jalan kelok 44 sampai Matur sudah 10 tahun tidak pernah diaspal ulang,” ujar Taslim yang memiliki pengalaman politik di Badan Anggaran DPR RI tersebut. (ioc)