Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengeluarkan Instruksi untuk menutup pasar mingguan di Pasar Nanggalo Tarusan dan Pasar Barung-Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan. Terkait penutupan pasar mingguan ini, Bupati Pesisir Selatan telah mengeluarkan instruksi nomor 100/16/GTV-IV/2020. Surat ini dikeluarkan dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir dampak penyebaran COVID-19 di Pesisir Selatan.

Isntruksi Bupati Pesisir Selatan

Hal itu sehubungan juga dengan meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan. Tercatat 58 orang tenaga medis dan paramedis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Koto XI Tarusan mulai (Kamis, 16/4/2020) menjalani karantina di Rusunawa Painan Selatan Painan, serta terkonfirmasi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 6 orang (Sabtu, 8/4/2020).

“Penutupan Pasar Mingguan di Pasar Naggalo Tarusan dan Pasar Barung-Barung Belantai dimulai Sabtu tanggal 18 April 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan,” Kata Hendrajoni, Bupati Pesisir Selatan.

Dia meminta kepada Camat, Wali Nagari, Kepala Kampung, Forkopica untuk dapat membantu dan mengawasi instruksi Bupati ini terlaksana dengan semestinya.

Kepada  pengelola pasar mingguan, baik di Pasar Naggalo Tarusan dan Pasar Barung-Barung Belantai, diminta untuk mensosialisasikan kepada seluruh pedagang, baik pedagang penyewa petak toko maupun pedagang  yang berjualan dalam los dan dipelataran, untuk tutup sesuai instruksi. Adapun hari Pasar di Pasar Naggalo Tarusan adalah Selasa dan Jumat pada Pasar Barung-Barung Belantai. Instruksi ini wajib dipatuhi pengelola dan pedagang di kedua pasar tersebut. (BOY)

Baca juga :  Kejari Payakumbuh geledah RSUD Adnaan WD, ada apa ya?