Padang, inioke.com–Informasi tentang vaksin covid-19 harus sampai dengan benar kepada masyarakat. Tujuannya, selain mengatasi beredarnya informasi tidak benar, juga untuk meyakinkan masyarakat agar menerima kehadiran vaksin ini.

“Informasi soal vaksin ini sudah harus dirilis mulai saat ini. Agar masyarakat tahu mengenai perkembangannya sekaligus bisa memahami manfaat vaksin tersebut bagi kesehatan dan pengendali penularan Covid-19,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, dalam webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bersama Kominfo Sumbar, Selasa (1/12).

Disampaikan Rumainur, saat ini pemerintah dan masyarakat sedang menunggu pengujian vaksin yang sudah memasuki tahap kedua. Dalam masa menunggu ini, menurutnya, informasi harus dikemas dengan benar. Sehingga ketika vaksin itu sudah tersedia dan siap untuk diedarkan, masyarakat yakin dengan manfaatnya bagi pencegahan covid-19.

“Jangan lihat orang atau tokoh yang mengusahakannya, seperti di baliho itu, dengan segala persepsi. Tapi informasi yang harus disampaikan itu manfaatnya bagi masyarakat, sehingga yakin dan mau divaksin nantinya,” pungkas Rumainur.

Baca juga :  Kakak Beradik Meninggal Tertimbun Longsor di Sariek Alahan Tigo

Terkait penyebaran informasi vaksin covid-19 ini, Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal, mengatakan, akan menyampaikan kepada Gubernur untuk meminta Bupati dan Walikota turut menginformasikan kepada masyarakar.

Jasman yang juga pembicara dalam webinar ini bahkan siap menjadi yang pertama divaksin untuk meyakinkan masyarakat agar mau ikut pula.

“Saya siap, agar masyarakat tidak ragu dan mau divaksin,” ujarnya. (ioc)